Untuk Kali Pertama, Francisco Cerundolo Melangkah Ke Final Turnamen ATP

Penulis: Dian Megane
Minggu 07 Mar 2021, 12:09 WIB
Francisco Cerundolo melenggang ke final Argentina Open 2021

Francisco Cerundolo terpaut satu kemenangan lagi dengan gelar turnamen ATP pertama dalam kariernya

Berita Tenis: Petenis tuan rumah, Francisco Cerundolo berhasil menjejakkan kaki ke final turnamen ATP untuk kali pertama dalam kariernya di Argentina Open, Buenos Aires musim 2021.

Satu pekan setelah adiknya, Juan Manuel mengalahkan Albert Ramos Vinolas di final Cordoba Open, petenis berusia 22 tahun kembali membuat Ramos Vinolas gigit jari setelah petenis berkebangsaan Spanyol harus menyerah dengan 7-6, 3-6, 6-2 di semifinal Argentina Open.

Petenis peringkat 137 dunia harus melalui laga tiga set kelima pada pekan ini ketika menumbangkan Ramos Vinolas di Lapangan Guillermo Vilas. Ia berjuang keras untuk bangkit setelah kecolongan set kedua dan mematahkan petenis berkebangsaan Spanyol dalam lima kesempatan demi membukukan satu tempat di final Argentina Open setelah 2 jam 35 menit.

Sebelum terkualifikasi di Argentina Open musim ini, petenis berusia 22 tahun hanya mengantongi satu kemenangan di turnamen ATP, yakni di Cordoba Open pekan lalu. Tetapi, ia memainkan permainan tanpa rasa gentar seperti yang ia perlihatkan ketika melaju ke tiga final ajang Challenger sejak November lalu dan memenangkan gelar di Campinas dan Guayaquil.

Petenis peringkat 137 dunia juga menjadi qualifier pertama yang melaju ke final di Buenos Aires sejak Jose Acasuso pada musim 2001 yang pada saat itu Acasuso dilatih oleh ayah petenis 137 dunia, Alejandro Cerundolo.

Mengawali pertandingan, petenis berusia 22 tahun membuka set pertama dengan 3-1, tetapi Ramos Vinolas yang lebih berpengalaman dengan cepat menyamakan kedudukan sebelum memasuki babak tiebreak yang akhirnya dimenangkan petenis tuan rumah.

Namun, petenis berusia 22 tahun tidak bisa mempertahankan momentum di set kedua yang berhasil direbut Ramos Vinolas. Pantang menyerah, petenis yang menundukkan tiga petenis unggulan dalam perjalanan menuju final, kembali mengambil alih kontrol pertandingan di set ketiga, meningkatkan level permainan, dan mengamankan tiga break point sebelum merebut keunggulan 3-0.

Petenis ungglan kelima, Ramos Vinolas sempat memperlihatkan daya juang demi mengejar ketertinggalan sehingga kedudukan menjadi 4-2. Tetapi dari kedudukan tersebut, Cerundolo tidak terbendung dan menyambar dua game terakhir demi menyegel satu tempat di partai puncak.

Setelah adiknya menjadi juara di Cordoba Open pekan lalu, Cerundolo akan berusaha untuk menyamai pencapaian sang adik dan menjadi petenis bersaudara ketujuh yang memenangkan gelar nomor tunggal di Open Era dan untuk kali pertama yang melakukannya secara beruntun.

Artikel Tag: Tenis, Argentina Open, Cordoba Open, Francisco Cerundolo, Albert Ramos Vinolas

586  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini