Simona Halep Sudah Setengah Jalan Untuk Bersihkan Namanya

Penulis: Dian Megane
Selasa 06 Des 2022, 15:55 WIB
Simona Halep ambil langkah penting dalam perjalanan bersihkan namanya

Simona Halep

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Hakim yang bertugas di Pengadilan Arbitrase Olahraga, Cristian Jura mengungkapkan bahwa Simona Halep telah mengambil langkah penting demi mencabut skors dopingnya.

Tampaknya petenis berkebangsaan Rumania telah mengidentifikasi sumber Roxadustat yang mendapatkan hasil uji positif di antara suplemen yang ia gunakan. Yang terpenting, zat tersebut dilaporkan ditemukan dalam suplemen tanpa label yang tepat.

Sementara Roxadustat merupakan obat yang diresepkan, formulanya telah dipublikasikan dan tidak ada ahli kimia yang bersedia memproduksi obat yang telah terbukti meningkatkan penyerapan oksigen.

“Tampaknya cara Roxadustat memasuki tubuh atlet telah teridentifikasi, yaitu dengan menelan suplemen makanan yang terkontaminasi,” ungkap Jura.

“Produk yang terkontaminasi merupakan produk yang mengandung zat terlarang, tanpa disebutkan pada label produk atau dalam informasi yang dapat diakses melalui pencaarian yang wajar di internet.”

“Atlet tersebut saat ini masih berada di antara pencabutan skorsing, yakni pencabutan sanksi apapun dan skorsing selama 4 tahun dari aktivitas olahraga.”

Skorsing bisa dikurangi atau bahkan dibatalkan jika dua syarat yang ditetapkan Wolrd Anti-Doping bisa terpenuhi secara kumulatif, yakni menetapkan dengan sangat jelas cara zat terlarang memasuki tubhu dan kurangnya niat atlet untuk menggunakan zat terlarang demi meningkatkan performa dalam olahraga.

Salah satu syarat tersebut terpenuhi, sudah jelas ditetapkan bagaimana zat tersebut memasuki tubuh sang atlet. Atlet yang bersangkutan juga harus membuktikan tidak adanya rasa bersalah dan kelalaian. Artinya, sang atlet atau orang lain harus membuktikan bahwa Halep tidak tahu atau mencurigai, dan tidak bisa secara wajar mengetahui atau mencurigai, bahkan dengan sangat berhati-hati, bahwa ia menggunakan atau diberikan zat terlarang atau bahwa ia menggunakan cara yang dilarang.

Petenis berkebangsaan Rumania bisa melihat penangguhan sementaranya dicabut setelah sidang sebelum berhadapan dengan Tennis Integrity Agency.

Namun, mantan petenis peringkat 1 dunia, Halep harus memberikan bukti kuat bahwa ia secara tidak sengaja menggunakan zat terlarang.

“Secara prosedur, ada beberapa tahap. Pertama-tama, ada pra-sidang sebelum International Tennis Integrity Agency,” lanjut Jura.

“Pada tahap tersebut, memungkinkan untuk mencabut penangguhan sementara, dengan mempertimbangkan bukti bahwa ia menelan suplemen yang terkontaminasi. Tetapi saya akan membuat klarifikasi penting.”

“Sama seperti penangguhan sementara yang dapat dicabut, hal itu bisa dipertahankan tergantung dengan bukti yang ada.”

Artikel Tag: Tenis, Simona Halep

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/simona-halep-sudah-setengah-jalan-untuk-bersihkan-namanya
462  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini