Sam Stosur Siap Akhiri Karier Nomor Tunggal Di Australian Open 2022

Penulis: Dian Megane
Sabtu 01 Jan 2022, 09:22 WIB
Sam Stosur siap pensiun dari kompetisi nomor tunggal di Australian Open 2022

Sam Stosur ketika memenangkan US Open 2011

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Sam Stosur telah mengkonfirmasi bahwa ia akan pensiun secara resmi dari nomor tunggal di Australian Open musim 2020.

Hal tersebut bertepatan dengan hari jadi ke-20 dari debut petenis berkebangsaan Australia di Grand Slam.

Petenis berusia 37 tahun telah merilis sebuah unggahan melalui Instagram dengan mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tennis Australia yang telah memberinya wildcard untuk berlaga di Australian Open musim 2022, penampilan ke-69 sang petenis di Grand Slam, sebuah rekor tersendiri bagi dunia tenis putri Australia.

Saat ini petenis berkebangsaan Australia menghuni peringkat di luar 300 besar dan hanya memenangkan satu dari sepuluh pertandingan yang ia lakoni pada musim 2021, yakni ketika ia melawan rekan senegaranya, Destanee Aiava di babak pertama Australian Open.

“Saya merasa sangat gembira dan sangat bersyukur bisa melakoni Australian Open untuk kali ke-20,” tulis Stosur.

“Terima kasih banyak kepada Tennis Australia yang telah memberi saya kesempatan untuk mengakhiri karier nomor tunggal saya di Grand Slam rumah saya sendiri. Hal itu benar-benar berarti banyak bagi saya, mengakhirinya di hadapan keluarga saya, teman-teman, dan para penggemar Australia yang telah mendukung saya dalam suka dan duka.”

Petenis berusia 37 tahun menghuni peringkat tertinggi dalam kariernya pada musim 2011 ketika ia menduduki peringkat 4 dunia. Di turnamen WTA, ia telah melakoni 16 final dengan total memenangkan sembilan gelar. Kemenangan yang paling signifikan terjadi selama perhelatan US Open musim 2011 ketika ia secara mengejutkan berhasil menaklukkan Serena Williams dengan dua set langsung demi mengklaim gelar Grand Slam pertama sekaligus satu-satunya.

Saat itu, ia menjadi petenis putri pertama dari negaranya yang memenangkan gelar Grand Slam dalam tiga dekade terakhir. Ia terakhir kali memenangkan gelar nomor tunggal di Strasbourg musim 2017.

Di Billie Jean King Cup yang sebelumnya dikenal dengan Fed Cup, ia memegang rekor sebagai petenis Australia yang memenangkan laga nomor tunggal terbanyak dengan mengantongi 29 kemenangan. Pada periode 2003 – 2019, ia melewatkan kompetisi beregu putri tersebut hanya dua musim.

Meskipun tidak akan lagi berkiprah di nomor tunggal, ia berniat untuk meneruskan karier di nomor ganda dan saat ini ia menghuni perringkat 16 dunia untuk nomor ganda. Ia memenangkan gelar US Open nomor ganda musim 2021 bersama Zhang Shuai.

“Saya yakin hal itu akan mencuatkan emosi yang beragam, tetapi saya tidak ingin dengan cara lain, seperti yang selalu saya pikirkan bahwa saya ingin mengakhirinya di Australia. Tetapi saya tetap berencana untuk bermain di sisa musim depan dengan turun di nomor ganda. Tetapi keputusan itu akan menutup bab pertama dari karier saya,” lanjut Stosur.

Australian Open musim 2022 akan dimulai pada 17 Januari.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Sam Stosur

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/sam-stosur-siap-akhiri-karier-nomor-tunggal-di-australian-open-2022
342  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini