Sabet Gelar Stockholm Open, Stefanos Tsitsipas Catat Sejarah

Penulis: Dian Megane
Senin 22 Okt 2018, 10:13 WIB
Sabet Gelar Stockholm Open, Stefanos Tsitsipas Catat Sejarah

Stefanos Tsitsipas [tengah] dan Ernests Gulbis [kiri]

Petenis yang masih berusia 20 tahun, Stefanos Tsitsipas mencatatkan sejarah dengan menjadi petenis Yunani pertama yang memenangkan gelar di turnamen ATP.

Menghadapi Ernests Gulbis di final Stockholm Open, Tsitsipas berhasil mengukir kemenangan 6-4, 6-4.

“Tentu saya merasa senang, karena saya menjadi petenis putra Yunani pertama yang memenangkan gelar. Saya harap, petenis-petenis Yunani lainnya bisa mencapai prestasi seperti ini. Saya akan merasa super senang melihat mereka meraih hal seperti ini di masa mendatang. Mewakili negara saya di level turnamen yang cukup tinggi dan menjadi petenis putra Yunani pertama yang menembus peringkat 100 besar sangat, sangat istimewa bagi saya,” seru Tsitsipas.

“Trofi ini luar biasa. Ketika saya pertama kali tiba di turnamen ini, saya melihat nama-nama besar seperti Roger Federer dan Juan Martin del Potro yang menjuarai turnamen ini, dan saya menjadi berpikir, tidakkah keren jika nama saya bersanding dengan nama mereka suatu hari nanti. Dan itu terjadi kali ini. Saya sangat fokus dan bertekad untuk memenangkan turnamen ini. Saya memainkan permainan terbaik saya dan saya layak untuk mendapatkan posisi sebagai juara.”

Musim ini, Tsitsipas banyak mencatatkan hal pertama dalam kariernya. Ia pertama kali melenggang ke final di Barcelona, lolos ke final turnamen Masters 1000 pertamanya di Toronto, dan menembus peringkat 20 besar untuk kali pertama pada 13 Agustus lalu. Tetapi, mungkin di Stockholm, ia mencatatkan dobrakan terbesarnya dengan memenangkan gelar turnamen ATP pertama dalam kariernya.

Di final Stockholm musim ini, Tsitsipas tampil dominan dengan servis yang dibuktikan dengan memenangkan 80 persen poin dari servisnya dan mengamankan satu-satunya peluang break point yang dihadapinya.

Berkat kemenangan tersebut, Tsitsipas berhak menerima 250 poin dan hadiah uang sebesar 109.310 Euro. Sementara petenis peringkat 145 dunia asal Latvia, Gulbis membawa pulang 150 poin dan hadiah uang sebesar 57.570 Euro.

Artikel Tag: Tenis, Stockholm Open, Stefanos Tsitsipas, Ernests Gulbis

970  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini