Rusia Dilarang Jadi Tuan Rumah Laga Davis Cup Finals 2022 Gara-Gara Ini

Penulis: Dian Megane
Senin 13 Des 2021, 10:18 WIB
Rusia Dilarang Jadi Tuan Rumah Laga Davis Cup Finals 2022 Akibat Hal Ini

Tim Rusia ketika memenangkan Davis Cup Finals musim 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Proses pengundian untuk tuan rumah Davis Cup Finals musim 2022 akan digelar dalam beberapa pekan ke depan, tetapi Rusia tidak akan diizinkan untuk mengambil bagian.

Pekan lalu, Daniil Medvedev memimpin negaranya memetik kemenangan atas Kroasia di final sehingga Rusia memenangkan gelar Davis Cup untuk kali ketiga. Musim ini, Rusia juga mengalahkan Jerman, Swedia, Ekuador, dan Spanyol dalam perjalanan memenangkan gelar kompetisi beregu tersebut.

Musim depan, kompetisi beregu tersebut sekali lagi untuk kali pertama dalam sejarah perhelatannya, pihak penyelenggara mengkonfirmasi bahwa kompetisi tersebut akan digelar di lima kota. Dalam konferensi pers, ITF dan perusahaan investasi, Kosmos menyatakan bahwa mereka berencana akan menggelar laga keempat grup di empat kota yang berbeda dan kota kelima akan menjadi tuan rumah babak eleminasi. Nama-nama kota yang akan menjadi tuan rumah belum diumumkan tetapi dari spekulasi yang berkembang, Timur Tengah akan menjadi tuan rumah babak eleminasi. Tim yang akan berlaga pada edisi musim depan pun akan dikurangi dari 18 menjadi 16.

Namun, Rusia tidak akan diizinkan untuk menjadi tuan rumah pertandingan pada musim 2022 tetapi akan dibebaskan untuk melakukannya setelah musim depan. Hal tersebut karena Rusia saat ini tengah dilarang dari kompetisi olahraga internasional akibat masalah doping, penyelidikan tambahan menemukan beberapa insiden praktik doping illegal oleh pihak Rusia di Olimpiade, tetapi cabang olahraga tenis belum pernah terlibat dengan skandal tersebut.

Sebagai hasilnya, World Anti-Doping Agency, di mana ITF menjadi anggotanya, telah melarang Rusia. Itulah mengapa Medvedev dan rekan senegaranya bermain di bawah nama federasi mereka bukan negara mereka.

ITF telah mengkonfirmasi kepada UbiTennis bahwa larangan tersebut diterapkan sampai 16 Desember 2022, yakni setelah Davis Cup Finals musim 2022.

“Larangan tersebut diterapkan selama dua musim dan itu termasuk Rusia yang menjadi tuan rumah setiap kompetisi internasional atau turnamen dunia yang terdaftar di WADA, dan ketika berkompetisi di luar Rusia, penggunaan nama nasional, lencana, lambang, dan lagu mereka dilarang digunakan selama periode yang sama,” ungkap juru bicara ITF kepada UbiTennis.

Proses pemilihan tuan rumah Davis Cup Finals akan dimulai pada Januari mendatang dengan kandidat yang tertarik memiliki waktu selama enam pekan untuk menyiapkan proposal mereka. Keputusan terakhir diharapkan akan diambil pada pertengahan Maret.

Artikel Tag: Tenis, Davis Cup Finals, Daniil Medvedev

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/rusia-dilarang-jadi-tuan-rumah-laga-davis-cup-finals-2022-gara-gara-ini
555  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini