Rafael Nadal Bersiap Untuk Perpisahan Emosional di Prancis Terbuka

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 26 Mei 2024, 12:22 WIB
Rafael Nadal akan mengakhiri partisipasinya di Roland Garros tahun ini yang merupakan kali ke-19 dalam kariernya. (Foto: AFP)

Rafael Nadal akan mengakhiri partisipasinya di Roland Garros tahun ini yang merupakan kali ke-19 dalam kariernya. (Foto: AFP)

Ligaolahraga.com -

Rafael Nadal akan mengakhiri kariernya selama 19 tahun di Perancis Terbuka, dengan peluangnya untuk menambah 14 gelar tampak tipis. Saat ia bersiap untuk pergi, ia meninggalkan sebuah rekor yang tak tertandingi dan warisan yang tidak mungkin tertandingi.

Petenis legendaris asal Spanyol ini, juara Grand Slam 22 kali, meraih gelar Roland Garros pertamanya saat masih remaja pada tahun 2005. Sepekan dari hari Senin, ia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-38.

Sempat menduduki peringkat satu dunia, Rafael Nadal kini turun ke peringkat 276 dunia. Sejak Januari tahun lalu, ia hanya memainkan 15 pertandingan karena serangkaian cedera, termasuk masalah pinggul dan robek otot. Penyakit-penyakit ini telah memaksanya untuk melewatkan 12 turnamen Grand Slam di sepanjang kariernya.

Tidak diunggulkan tahun ini, perpisahan Nadal mungkin akan berlangsung singkat karena ia akan menghadapi petenis nomor empat dunia, Alexander Zverev, di babak pertama, dengan pertandingan yang dijadwalkan pada hari Senin (27/5).

"Saya akan memainkan turnamen ini dengan berpikir bahwa saya dapat memberikan segalanya, 100 persen," jelas Rafael Nadal setelah tersingkir pada putaran kedua di Roma.

"Dan jika 100 persen tidak cukup untuk memenangkan pertandingan, saya akan menerimanya. Namun, saya tidak ingin melangkah ke lapangan dengan mengetahui bahwa saya tidak memiliki peluang. Jika ada peluang 0,01 persen, saya ingin mengeksplorasi itu dan mencobanya."

Dominasi Nadal di Paris meluas hingga mencapai 14 gelar yang mengesankan, disertai dengan rekor yang mengejutkan dengan 112 kemenangan dan hanya tiga kali kalah, dengan dua dari kekalahan tersebut diberikan kepadanya oleh musuh abadinya, Novak Djokovic. Selain itu, ia sangat dihormati di dunia tenis.

Selama sesi latihan perdananya di Court Philippe Chatrier di Roland Garros pada hari Senin ini, sekitar 6.000 penonton berbondong-bondong menyaksikan latihannya, dengan banyak suara yang meneriakkan namanya.

Pekan ini, Rafael Nadal berbagi lapangan untuk sesi latihan dengan sesama juara Grand Slam, Stan Wawrinka dan Daniil Medvedev.

Wawrinka mengatakan bahwa Nadal tetap "tangguh seperti biasanya," sementara Medvedev secara terbuka mengakui kelegaannya karena tidak harus bertanding melawan maestro Spanyol, dengan menyatakan, "Saya senang tidak melawan dia."

Dalam enam pertemuan di lapangan tanah liat, Zverev hanya sekali berhasil mengamankan kemenangan melawan Nadal. Pertemuan mereka di Paris pada 2022 membuat petenis Jerman itu terpaksa mengundurkan diri dari semifinal karena cedera pergelangan kaki yang parah.

"Saya sedang mempersiapkan mental untuk menghadapi Rafa Nadal yang sedang berada di puncak performa. Itulah level performa yang saya harapkan darinya. Saya berharap dia akan berada di puncak permainannya," kata Zverev, yang akan menuju Paris setelah kemenangannya di Roma Terbuka.

Artikel Tag: Rafael Nadal

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/rafael-nadal-bersiap-untuk-perpisahan-emosional-di-prancis-terbuka
1760  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini