Petenis Brazil Didenda Akibat Gestur Yang Berbau Rasis

Penulis: Dian Megane
Minggu 17 Sep 2017, 10:31 WIB
Petenis Brazil Didenda Akibat Gestur Yang Berbau Rasis

Guilherme Clezar

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Brazil, Guilherme Clezar didenda sebesar 1.500 USD oleh International Tennis Federation (ITF) pada hari Sabtu (16/09) setelah ia melakukan gestur dengan matanya di ajang Davis Cup melawan Jepang.

Petenis berusia 24 tahun, Clezar sebelumnya telah meminta maaf, tetapi ia menyangkal telah melakukan perbuatan rasis setelah kekalahannya dari Yuichi Sugita pada hari Jum’at (15/09) di babak play-off Grup Dunia yang digelar di Osaka, Jepang.

Setelah melakukan challengedi babak tiebreak set ketiga, Clezar yang jengkel menempelkan kedua tangannya ke samping matanya sambil membuka lebar matanya sebagai kritikan kepada wasit garis yang memutuskan bolanya keluar.

Gestur yang dilakukan Clezar tersebut tertangkap stasiun tv lokal dan ITF telah memutuskan memberikan denda kepada Clezar karena bersikap tidak sportif setelah melihat kembali rekamannya.

Sementara itu, Clezar bersikeras bahwa ia tidak bermaksud menghina orang-orang Jepang dalam pernyataan ia unggah melalui akun Facebook federasi tenis Brazil.

“Saya ingin mengarisbawahi bahwa saya tidak berniat untuk bertingkah laku agresif, rasis, berprasangka, atau melakukan sesuatu yang menghina orang-orang Asia,” ungkap Clezar yang kalah di pertandingan pembuka dengan tiga set langsung sebelum Brazil tertinggal 2-0 dari Jepang.

“Kami disambut dengan sangat hangat di sini dan saya memiliki hubungan baik dengan semua petenis dari berbagai negara berbeda. Terlepas dari pandangan orang lain mengenai gestur yang saya lakukan, saya ingin memperlihatkan penyesalan saya dan meminta maaf yang sedalam-dalamnya.”

Clezar, yang juga mengunggah permintaan maafnya melalui akun Instagram pribadinya, saat ini berada di peringkat 244 dunia dan lebih banyak berkompetisi di ajang Challenger.

Setelah kemenangan Sugita, rekan senegaranya, Go Soeda juga mempersembahkan kemenangan setelah berhasil mengandaskan Thiago Monteiro melalui lima set.

Pertandingan nomor ganda yang dijadwalkan pada hari Sabtu (16/09) terpaksa harus ditunda setelah hujan mengguyur Osaka, sehingga pertandingan antara pasangan tuan rumah, Yasutaka Uchiyama-Ben McLachlan melawan Marcelo Melo-Bruno Soares akan digelar pada hari Minggu (17/09) waktu setempat.

 

Artikel Tag: Tenis, davis cup, Guilherme Clezar, Yuichi Sugita, Go Soeda, Thiago Monteiro, Yasutaka Uchiyama, Ben McLachlan, Marcelo Melo, Bruno Soares

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/petenis-brazil-didenda-akibat-gestur-yang-berbau-rasis
1952  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini