Jinakkan Anett Kontaveit, Garbine Muguruza Maju Ke Semifinal Di Guadalajara

Penulis: Dian Megane
Senin 15 Nov 2021, 15:58 WIB
Garbine Muguruza lumpuhkan Anett Kontaveit di WTA Finals 2021

Garbine Muguruza luapkan kegembiraan usai pastikan diri lolos ke semifinal WTA Finals 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis unggulan keenam, Garbine Muguruza membukukan satu tempat di babak empat besar WTA Finals yang musim ini untuk kali pertama digelar di Guadalajara.

Pencapaian tersebut ia raih setelah mengalahkan petenis unggulan kedelapan, Anett Kontaveit dengan 6-4, 6-4, kemenangan yang mematahkan 12 kemenangan beruntun petenis berkebangsaan Estonia.

Mantan petenis peringkat 1 dunia akan melaju ke semifinal sebagai qualifier kedua dari Grup Teotihuacan dengan mengantongi 2-1 bersama pemenang di grup tersebut, Kontaveit dan petenis berkebangsaan Spanyol akan berhadapan dengan rekan senegaranya, Paula Badosa. Pemenang dari pertandingan tersebut akan menjadi petenis Spanyol pertama yang melaju ke partai puncak WTA Finals sejak Arantxa Sanchez Vicario menjadi runner up pada musim 1993.

Untuk kali pertama dua petenis berkebangsaan Spanyol berhasil menjejakkan kaki di semifinal WTA Finals. Melakoni turnamen akhir musim untuk kali keempat dan untuk kali pertama sejak musim 2017, mantan petenis peringkat 1 dunia menembus semifinal untuk kali pertama sejak debut di turnamen tersebut pada musim 2015.

“Sungguh mengagumkan. Saya tidak tahu semua sejarah itu. 1993, saya lahir di tahun itu,” seru Muguruza.

“Sungguh luar biasa ada empat petenis yang tersisa dan dua di antaranya adalah petenis Spanyol. Maksud saya, itu memperlihatkan bahwa Spanyol memiliki level permainan tenis yang memukau dan akademi yang hebat. Itu akan menjadi pertandingan yang menyenangkan. Seperti yang anda katakan, bersejarah. Siapapun yang bermain dengan lebih baik akan melenggang ke final.”

Memasuki pertandingan tersebut dengan mengantongi 2-0 di fase grup yang dimenangkan dengan dua set langsung, Kontaveit mengkonfirmasi posisinya sebagai pemimpin di Grup Teotihuacan setelah Karolina Pliskova menang tiga set atas Barbora Krejcikova. Kemenangan Pliskova menciptakan skenario mudah bagi Muguruza, yakni menang dan melenggang.

“Akhirnya bisa mendapatkan dua kemenangan dan terkualifikasi ke semifinal sungguh menakjubkan. Saya pikir kali ini saya memainkan pertandingan terbaik dari tiga laga fase grup,” tambah Muguruza.

“Saya pikir sangat jelas bahwa servis saya sangat penting untuk tidak dipatahkan dan mematahkannya dengan cukup cepat. Hanya mempertahankan servis saya dan tampil mendominasi, mengurangi melakukan kesalahan daripada dirinya, juga karena kondisinya cukup berat.”

Kontaveit menyelesaikan pertandingan dengan menciptakan lebih banyak winner, yakni 17 winner dibandingkan petenis berkebangsaan Spanyol yang menghasilkan 13 winner, tetapi servis petenis berkebangsaan Spanyol terbukti cukup dominan.

Menembakkan 57 persen servis pertama, mantan petenis peringkat 1 dunia memenangkan 80 persen poin dari servis pertamanya, lebih tinggi daripada petenis berkebangsaan Estonia yang memenangkan 66 persen dari servis pertamanya.

Membandingkan perjalanannya ke semifinal pada musim 2015 dengan semifinal kali ini, Muguruza menambahkan, “Tentu lebih berpengalaman. Menyimpan energi yang saya butuhkan demi sewaktu-waktu saya membutuhkannya, bermain dengan cerdas, dan tidak terlalu emosional. Saya mengawalinya dengan kekalahan dan saya mengatakan hal itu bukan masalah, ini masih fase grup, saya masih memiliki peluang.”

“Hanya mendapatkan sedikit lebih banyak sudut pandang lain, lebih berpengalaman, dan dewasa. Saya pikir saya lebih siap untuk menghadapi semifinal daripada ketika saya melakoni semifinal pada musim 2015.”

Jelang menghadapi Badosa untuk kali pertama, Muguruza menimpali, “Saya merasa sangat senang untuknya. Ia mengawali musim ini jauh dari belakang. Tetapi ia membuka jalan menuju puncak dengan bermain impresif, termasuk memenangkan turnamen di Indian Wells. Kami melalui momen menyenangkan di Olimpiade. Kami berbicara sedikit. Kami sedikit lebih mengenal satu sama lain.”

“Ia selalu memiliki bakat luar biasa. Saya pikir kini ia tengah menyusun semua bagian puzzlenya. Ia bermain dengan memukau.”

Artikel Tag: Tenis, WTA Finals, Garbine Muguruza, Anett Kontaveit, Paula Badosa

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/jinakkan-anett-kontaveit-garbine-muguruza-maju-ke-semifinal-di-guadalajara
660  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini