Jan Lennard Struff Naik Podium Juara Untuk Kali Pertama Di Munich

Penulis: Dian Megane
Senin 22 Apr 2024, 03:48 WIB
Jan Lennard Struff Akhirnya Naik Podium Juara Untuk Kali Pertama Di Munich

Jan Lennard Struff [image: Jürgen Hasenkopf]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis tuan rumah, Jan Lennard Struff menyingkirkan sakit hati dari semua kekalahan di final sebelumnya dengan penuh gaya di Munich Open (BMW Open) musim 2024.

Petenis berusia 33 tahun berhasil menaklukkan petenis peringkat 15 dunia, Taylor Fritz dengan 7-5, 6-3 demi memenangkan gelar turnamen ATP untuk kali pertama dalam kariernya di turnamen ATP level 250, Munich Open.

Petenis unggulan keempat memasuki final Munich Open musim ini dengan mengantongi catatan 0-3 di final turnamen ATP, tetapi ia tidak memperlihatkan rasa tegang di hadapan penonton sendiri dalam perjalanan memetik kemenangan yang diperjuangkan selama 79 menit.

“Ini terasa tidak bisa dipercaya dan melakukannya di rumah sendiri benar-benar luar biasa,” seru Lennard Struff. “Saya telah menantinya begitu lama. Saya berusia 33 tahun dan telah bermain begitu lama di turnamen ATP. Ini hanya perasaan yang menakjubkan bisa melakukannya di sini, di Jerman.”

Menginjak usia 33 tahun 11 bulan, petenis peringkat 28 dunia menjadi juara untuk kali pertama tertua ketiga sejak turnamen ATP didirikan pada musim 1990. Momen-momen krusial dalam kemenangan petenis tuan rumah terjadi di set pertama, yaitu ketika ia menghadapi dua peluang set point dengan servis ada di tangannya pada kedudukan 4-5, 15/40, lalu peluang lain pada kedudukan 40/Ad. Dari kedudukan tersebut, ia menyambar 11 poin secara beruntun demi mengklaim kemenangan set pertama.

Pertemuan pertama antara petenis berusia 33 tahun dan petenis berusia 26 tahun, Fritz di turnamen clay-court dimainkan dalam kondisi yang dingin dan lembap. Temperatur menurun hingga mencapai 3 derajat Celcius selama final, tetapi hal tersebut tidak mencegah petenis tuan rumah untuk memperlihatkan performa yang memanas di atas lapangan.

Seperti yang ia perlihatkan ketika secara mengejutkan menundukkan petenis unggulan kedua sekaligus juara bertahan, Holger Rune, mantan petenis peringkat 21 dunia menggunakan forehand yang keras untuk mendikte rally-rally melawan petenis dengan kekuatan yang hampir sama.

Petenis unggulan keempat mengukir kemenangan dengan smash keras sebelum akhirnya mengacungkan lengannya ke udara sebagai perayaan kepada timnya. Di sepanjang final, ia mengkonversi lima dari 11 peluang break point yang ia ciptakan demi menyelesaikan pekan yang dominan di Munich setelah ia tidak kehilangan satu set pun.

Berkat kemenangan tersebut, petenis peringkat 28 dunia kini mencatatkan 16-8 di Munich, setelah ia juga lolos ke final pada musim 2021. Final lain yang ia lakoni terjadi pada musim 2023 dengan berakhir sebagai runner up setelah ia kalah dari Carlos Alcaraz di Madrid dan Frances Tiafoe di Stuttgart.

Selain itu, Lennard Struff juga naik ke peringkat 24 dunia berkat kemenangan atas Fritz di Munich.

Artikel Tag: Tenis, Munich Open, Jan Lennard Struff, Taylor Fritz

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/jan-lennard-struff-naik-podium-juara-untuk-kali-pertama-di-munich
324  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini