Ini Imbas Penundaan French Open 2021 Terhadap Turnamen Grass-Court

Penulis: Dian Megane
Sabtu 10 Apr 2021, 18:43 WIB
Penundaan French Open 2021 berimbas cukup signifikan terhadap turnamen grass-court

Salah satu lapangan di Wimbledon

Berita Tenis: Ketika dunia berpikir pandemi COVID-19 mulai mereda, dampak dari virus mematikan tersebut masih mengkhawatirkan, termasuk mempengaruhi French Open musim 2021.

Pekan ini, pihak penyelenggara telah mengumumkan bahwa French Open musim 2021 akan ditunda selama satu pekan akibat meningkatnya jumlah orang yang positif terinfeksi COVID-19.

Tidak lama setelah keputusan tersebut diambil, kini muncul berita teranyar terkait kalender tenis musim ini. Pihak penyelenggara memutuskan untuk mengurangi periode musim grass-court selama satu pekan. Oleh karena itu, turnamen yang biasanya digelar di Halle dan Queen’s Club serta digelar sebelum Wimbledon, bisa terpaksa dibatalkan.

Penundaan French Open berarti Grand Slam kedua pada musim ini akan diundur menjadi tanggal 30 Mei dan berakhir pada 13 Juni. Jika tidak dibatalkan, turnamen di Halle dan Queen’s Club akan dimulai tepat satu hari setelah Grand Slam di Roland Garros selesai.

Bagi petenis yang berharap bisa berkompetisi di kedua turnamen, hal tersebut tentu akan menjadi situasi yang sulit untuk ditangani. Oleh karena itu, keputusan harus diambil dengan tepat terkait turnamen setelah French Open, karena Wimbledon akan digelar sesuai yang telah dijadwalkan sebelumnya, yakni pada 28 Juni – 11 Juli. Tetapi, babak kualifikasi akan digelar dari tanggal 21 Juni.

Pada musim lalu, pihak penyelenggara terpaksa memutuskan Wimbledon akibat pandemi COVID-19. Wimbledon terakhir digelar pada musim 2019 yang dijuarai oleh petenis berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic (mengalahkan Roger Federer) dan petenis berkebangsaan Rumania, Simona Halep (mengalahkan Serena Williams).

Di sisi lain, French Open memilih untuk menundanya dan menjadi Grand Slam terakhir pada musim lalu serta digelar satu pekan setelah US Open.

Dampak dari pandemi COVID-19 masih terus menghantui dunia tenis. Awal musim ini, pihak penyelenggara Australian Open memutuskan untuk menundanya hingga digelar pada awal Februari demi menentukan pengaturan yang tepat dan mempertimbangkan keselamatan semua pihak yang terkait.

Dengan skenario saat ini, tampaknya akan ada perubahan di kalender tenis musim 2021 seperti halnya musim 2020. Pada akhirnya, keselamatan semua pihak yang terlibat dengan turnamen harus diprioritaskan.

Artikel Tag: Tenis, French Open, wimbledon

472  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini