Iga Swiatek Akui Tekanan Pertahankan Status Ini Cukup Berlebihan

Penulis: Dian Megane
Jumat 08 Des 2023, 17:01 WIB
Bagi Iga Swiatek, Tekanan Pertahankan Status Ini Cukup Berlebihan

Iga Swiatek di WTA Finals, Cancun musim 2023 [image: AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Polandia, Iga Swiatek menemukan bahwa tekanan untuk mempertahankan status sebagai petenis peringkat 1 dunia cukup berlebihan.

Petenis yang telah mengantongi empat gelar Grand Slam memenangkan gelar China Open di Beijing dan WTA Finals di Cancun demi kembali merebut peringkat 1 dunia dari Aryna Sabalenka.

Juara French Open musim 2023 memuji perubahan mentalitasnya setelah tersingkir secara mengecewakan dari babak keempat US Open atas kebangkitannya di akhir musim 2023.

“Ini pastinya musim yang menuntut dan mengajarkan saya banyak hal, yang membuat saya bahkan merasa lebih bangga. Hasil akhir musim ini melebihi semua ekspektasi saya,” ungkap Swiatek.

“Fakta bahwa saya kembali ke peringat 1 dunia dan hal itu terjadi di Cancun dengan semua tekanan dan situasi yang aneh.”

Sabalenka memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di Australian Open musim 2023 dan lolos ke final US Open. Tetapi kekalahan di semifinal WTA Finals dari petenis berkebangsaan Polandia membuat peluangnya untuk mengakhiri musim 2023 sebagai petenis peringkat 1 dunia kandas, bahkan lawannya merasa ia pantas mendapatkan lebih.

“Ia layak mendapatkannya,” komentar Swiatek tentang Sabalenk. “Ia melalui musim yang luar biasa. Ia memenangkan Grand Slam, melenggang ke final di Grand Slam lain, dan dua semifinal, jadi, itu musim yang mengagumkan.”

“Saya hanya memilih untuk fokus dengan hal lain, karena tekanan yang berhubungan dengan peringkat 1 dunia sedikit berlebihan di pertengahan musim. Untuk musim ini, saya tidak bermain dengan bebas sampai US Open, lalu saya mengetahui bahwa saya hanya harus mengubah sikap dan pendekatan itu di turnamen selanjutnya secara berbeda, hanya menjadi petenis berbeda yang tidak fokus dengan semua hal itu. Meskipun saya selalu berusaha melakukannya, tetapi hal itu tidak selalu bekerja dengan baik.”

Musim depan akan menjadi musim yang menantang bagi para petenis putri terbaik. Kalender WTA yang telah direvisi akan membuat jumlah turnamen dengan level 1000 bertambah menjadi sepuluh, dengan Madrid dan Beijing diperpanjang sampai dua pekan dengan undian pertandingan yang lebih besar. Sementara Olimpiade di Paris akan digelar di antara Wimbledon dan US Open.

Artikel Tag: Tenis, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/iga-swiatek-akui-tekanan-pertahankan-status-ini-cukup-berlebihan
363  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini