Garbine Muguruza Siap Patahkan Catatan Menyedihkan Di Madrid

Penulis: Dian Megane
Jumat 04 Mei 2018, 21:45 WIB
Garbine Muguruza Siap Patahkan Catatan Menyedihkan Di Madrid

Garbine Muguruza

Berita Tenis: Bertanding di turnamen yang akan digelar di rumahnya sendiri menjadi highlight dalam karier dari banyak petenis, tetapi bagi petenis berkebangsaan Spanyol, Garbine Muguruza, hal tersebut bisa menjadi salah satu yang membuatnya frustasi.

Pekan depan, juara Wimbledon musim lalu, Muguruza akan kembali ke Caja Magica, venue tempat berlangsungnya Madrid Open, turnamen paling prestisius di Spanyol. Penampilannya kali ini akan menjadi penampilan keenamnya secara beruntun di Madrid. Walaupun telah mengantongi dua gelar Grand Slam, catatan Muguruza di Madrid jauh dari spektakuler. Ia belum pernah melampaui babak kedua Madrid Open.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi di Madrid,” ungkap Muguruza. “Kapanpun saya datang ke sini untuk bertanding, saya merasa senang karena itu merupakan satu-satunya turnamen nomor putri yang kami miliki di Spanyol dan itu sangat penting. Saya akan mencoba apakah musim ini saya bisa bermain dengan sedikit lebih baik.”

Total, Muguruza baru memenangkan tiga laga di undian utama pertandingan Madrid Open. Musim lalu, ia terdepak dengan dua set langsung dari Timea Bacsinszky di babak pertama. Beberapa pihak berspekulasi bahwa catatan menyedihkan tersebut terjadi akibat tingginya tekanan yang ditujukan kepada Muguruza. Saat ini, ia merupakan satu-satunya petenis peringkat 20 besar yang berasal dari Spanyol dan salah satu dari tiga petenis Spanyol yang berada di peringkat 100 besar. Sejak menjadi turnamen level Premier Mandatory pada musim 2009, belum ada petenis putri Spanyol yang pernah melenggang ke final di Madrid.

Kondisi di Madrid jauh berbeda dengan French Open. Madrid berada lebih dari 650 m di atas permukaan laut. Hal itu berarti bahwa kecepatan bergeraknya bola jauh lebih cepat dibandingkan dengan turnamen clay-court lainnya, sehingga memberikan keuntungan bagi petenis yang lebih agresif.

Selain catatan yang kurang meyakinkan, cedera juga menjadi hal yang harus dipikirkan Muguruza. Di Stuttgart Open, ia terpaksa mengundurkan diri di laga babak kedua akibat cedera punggung, walaupun ia percaya diri bahwa hal itu tidak akan menghalangi langkahnya pekan depan.

“Saya merasa lebih baik, ini rasa mual yang saya alami sejak Fed Cup, tetapi saya memotivasi diri saya sendiri, karena saya merasa lebih baik daripada di Stuttgart,” imbuh Muguruza yang saat ini menghuni peringkat 3 dunia.

Catatan Muguruza di Madrid

2012 – babak pertama

2013 – babak kedua (kualifikasi)

2014 – babak kedua

2015 – babak kedua

2016 – babak kedua

2017 – babak pertama

 

Artikel Tag: Tenis, Madrid Open, Stuttgart Open, wimbledon, French Open, Garbine Muguruza, timea bacsinszky

704  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini