Federer Keluar Dari Peringkat 5 Besar Usai Mundur Dari Australian Open 2021

Penulis: Dian Megane
Kamis 31 Des 2020, 07:13 WIB
Roger Federer kehilangan poin yang ia menangkan di Australian Open 2020

Roger Federer ketika beraksi di Australian Open 2020

Berita Tenis: Roger Federer telah mengundurkan diri dari Australian Open musim 2021 dan kini ia akan kehilangan poin yang ia terima pada musim 2020 di Grand Slam tersebut.

Namun, petenis berkebangsaan Swiss masih memiliki cukup poin untuk tetap berada di peringkat 10 besar, tetapi ia akan terlempar dari peringkat 5 besar.

Juara Australian Open musim 2018 saat ini berada di peringkat 5 dunia dengan 6.630 poin. Ia akan kehilangan 800 poin karena ia merupakan semifinalis di Melbourne pada musim 2020. Hal tersebut akan membuat poin peringkatnya berkurang dengan 5.910 poin.

Bahkan setelah dikurangi, petenis berusia 39 tahun jelas berada di atas petenis peringkat 10 dunia, Matteo Berrettini. Dengan demikian, ia tidak akan terlempar dari peringkat 10 besar bahkan jika Berrettini memenangkan Australian Open musim 2021. Tetapi terlempar dari peringkat 5 besar sudah bisa dipastikan.

Dengan kehilangan poin tersebut, peringkat terbaik bintang tenis Swiss setelah Grand Slam di Melbourne adalah peringkat 6 dunia dan skenario terburuk adalah ia menghuni peringkat 8 dunia. Saat ini ia berada di peringkat 5 dunia, Stefanos Tsitsipas menghuni peringkat 6 dunia, Alexander Zverev menduduki peringkat 7 dunia, dan Andrey Rublev berada di peringkat 8 dunia.

Begitu Australian Open musim 2021 dimulai, semua petenis tersebut akan kehilangan poin. Tetapi mantan petenis peringkat 1 dunia tidak akan mampu lagi mendapatkan poin karena ia tidak akan berkompetisi di Melbourne.

Jadi, dengan mengurangi poin dari musim lalu, kita akan mendapati Federer dengan 5.910 poin, Tsitsipas dengan 5.835 poin, Zverev dengan 4.805 poin, dan Rublev dengan 3.939 poin.

Jika lolos ke babak ketiga, Tsitsipas akan melampaui Federer, sedangkan jika Zverev mencapai final, ia yang akan melampauinya, dan jika Rublev memenangkan Grand Slam tersebut, maka ia yang akan melampauinya. Jika semua skenario terjadi, petenis berkebangsaan Swiss turun ke peringkat 8 dunia.

Kemungkinan besar, Federer akan turun ke peringkat 6 dunia. Mencapai final bagi Zverev adalah tugas yang berat, sehingga peluangnya kecil untuk terjadi. Lalu tugas Rublev memenangkan Grand Slam adalah tugas yang jauh lebih berat, sehingga petenis berusia 39 tahun diprediksi akan berada di peringkat 6 dunia setelah Australian Open musim 2021.

Setelah Grand Slam di Melbourne, petenis berkebangsaan Swiss harus mempertahankan poin yang ia menangkan pada musim 2019. Ia menjadi juara di Miami, Halle, dan Basel. Jika ketiga turnamen tersebut digelar dan ia tidak tampil dengan baik, ia akan kehilangan banyak poin.

Di Grand Slam, Federer melaju ke final Wimbledon musim 2019 dan ia harus mempertahankannya pada musim 2021. Jadi, ia bisa terlempar dari peringkat 10 besar jika ia tidak memenangkan lebih banyak gelar.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Roger Federer, alexander zverev, Andrey Rublev

656  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini