Dua Qualifier, Tauson Dan Golubic Siap Berduel Demi Gelar Di Lyon Open

Penulis: Dian Megane
Minggu 07 Mar 2021, 14:20 WIB
Clara Tauson tembus final Lyon Open 2021

Clara Tauson luapkan kegembiraan usai menangkan semifinal Lyon Open 2021q

Berita Tenis: Berkompetisi di turnamen WTA ketiga dalam kariernya, Clara Tauson kini menemukan dirinya berada di final Lyon Open musim 2021.

Qualifier asal Denmark membutuhkan waktu 1 jam 30 menit demi memetik kemenangan 7-5, 6-1 atas petenis unggulan ketujuh, Paula Badosa di semifinal Lyon Open.

Di partai puncak Lyon Open, petenis berusia 18 tahun akan berduel melawan qualifier asal Swiss, Viktorija Golubic yang menundukkan petenis unggulan kedua sekaligus petenis tuan rumah, Fiona Ferro dengan 4-6, 6-0, 7-6 setelah 2 jam 26 menit.

Final tersebut akan menjadi final turnamen WTA pertama yang mempertemukan dua qualifier sejak final Japan Open musim 2017 ketika Zarina Diyas mengalahkan Miyu Kato.

Lebih jauh, final di Lyon musim ini akan mempertemukan dua petenis yang tengah memanas di ajang ITF. Petenis berusia 18 tahun yang musim ini mencatatkan 18-3 dengan melakoni turnamen WTA dan ITF, mengalahkan Golubic dengan tiga set di final Fujairah ITF W25 pada Januari musim ini. Sementara Golubic memenangkan final di Grenoble ITF W25 pada Februari musim ini dan ia musim ini mencatatkan 19-3.

Mengawali laga semifinal, hanya sedikit hal yang memisahkan Tauson dan Badosa di sepuluh game pertama set pembuka. Pada kedudukan 5-5, tensi pertandingan meningkat dan petenis berkebangsaan Denmark yang menguasai pertandingan hingga akhirnya menyambar dua game terakhir.

Set kedua kurang berlangsung kompetitif. Petenis berkebangsaan Spanyol, Badosa sempat meminta jeda untuk alasan medis setelah menyelesaikan set pertama dan kembali ke lapangan dengan kaki kiri dibebat yang tampak jelas mempengaruhi gerakannya. Servis Badosa semakin melemah yang terlihat ketika ia melakukan delapan pelanggaran ganda.

Kebalikan dari Tauson yang memenangkan 81 persen poin dari servis pertamanya dan menembakkan tujuh ace.

Sementara semifinal yang dilakoni Golubic berlangsung pasang surut. Setelah kecolongan set pertama, petenis berkebangsaan Swiss menyapu bersih game di set kedua dengan hanya kehilangan tujuh poin saja.

Memasuki set ketiga, Golubic sempt tertinggal 0-2, tetapi ia menolak untuk menyerah hingga kedudukan menunjukkan 5-6. Ia terpaut dua poin lagi dari kekalahan, tetapi ia keluar dari lubang jarum setelah mengambil alih kontrol babak tiebreak yang menentukan.

Golubic akan melakoni final ketiga dalam kariernya setelah menjadi juara di Gstaad musim 2015 dan menjadi runner up di Linz pada musim yang sama.

Artikel Tag: Tenis, Lyon Open, Clara Tauson, Viktorija Golubic, Paula Badosa, Fiona Ferro

538  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini