Carlos Alcaraz Jadi Petenis Peringkat 1 Termuda Di Dunia Tenis Putra

Penulis: Dian Megane
Senin 12 Sep 2022, 15:22 WIB
Juarai US Open, Carlos Alcaraz jadi petenis peringkat 1 termuda

Carlos Alcaraz di US Open 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berusia 19 tahun, Carlos Alcaraz menjadi petenis peringkat 1 dunia termuda di dunia tenis putra setelah memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di US Open musim 2022.

Petenis berkebangsaan Spanyol memasuki US Open musim 2021 sebagai petenis peringkat 55 dunia. Tetapi berkat kemenangan atas petenis berusia 23 tahun, Casper Ruud di Grand Slam tersebut pada musim ini, ia menjadi petenis belia pertama yang menghuni posisi puncak dan menjadi petenis putra keempat dari Spanyol yang menorehkan sejarah tersebut setelah Juan Carlos Ferrero, Carlos Moya, dan Rafael Nadal.

“Ini benar-benar gila bagi saya. Saya tidak pernah menyangka saya akan bisa mencapai prestasi seperti itu di usia 19 tahun. Jadi, semuanya datang dengan begitu cepat,” seru Alcaraz.

“Bagi saya, ini tidak bisa dipercaya. Ini adalah sesuatu yang saya mimpikan sejak saya masih anak-anak, sejak saya mulai bermain tenis. Tentu, mengangkat trofi ini sangat menakjubkan bagi saya.”

Juara Miami Open musim 2022 tiba di Flushing Meadows, New York sebagai petenis peringkat 4 dunia. Lonjakannya menuju peringkat 1 dunia menyamai pencapaian beberapa petenis kenamaan lain. Tiga petenis lain yang naik dari peringkat 4 ke peringkat 1 adalah Moya (15 Maret 1999), Andre Agassi (5 Juli 1999), dan Pete Sampras (11 September 2000).

Petenis berusia 19 tahun telah menulis ulang rekor dalam perjalanan mengatasi berbagai rintagan di dunia tenis putra. Awal musim ini, ia menjadi petenis termuda kedua yang memenangkan gelar Masters (Miami dan Madrid) setelah Nadal yang melakukannya pada musim 2005. Ia juga menjadi petenis termuda yang memenangkan gelar turnamen ATP level 500 di Rio de Janeiro dan mengklalim gelar lain di turnamen level tersebut yang digelar di Barcelona.

Alcaraz juga mengungguli petenis putra lain dengan mengantongi 51 kemenangan pada musim ini, unggul lima kemenangan dari Stefanos Tsitsipas yang mengantongi 46 kemenangan. Dengan kemenangan US Open, ia juga naik ke posisi pertama klasemen sementara ATP RaceTo Turin, sehingga menempatkannya di posisi puncak untuk menjadi petenis termuda yang menghuni peringkat 1 dunia pada akhir musim.

Alcaraz menjadi petenis putra ke-28 yang menjadi petenis peringkat 1 dunia, membuatnya di antara enam petenis aktif yang pernah menghuni posisi puncak tersebut, bergabung dengan Novak Djokovic, Roger Federer, Nadal, Andy Murray, dan Daniil Medvedev.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Carlos Alcaraz

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/carlos-alcaraz-jadi-petenis-peringkat-1-termuda-di-dunia-tenis-putra
882  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini