Timo Boll Akan Pensiun Dari Tenis Meja Internasional Setelah Paris 2024

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 29 Mei 2024, 23:00 WIB
Timo Boll beraksi di turnamen WTT Saudi Smash 2024. (Foto: World Table Tennis)

Timo Boll beraksi di turnamen WTT Saudi Smash 2024. (Foto: World Table Tennis)

Ligaolahraga.com -

Setelah berkarier selama 25 tahun, mantan petenis meja nomor satu dunia Timo Boll akan pensiun dari tenis meja internasional pasca bertanding di Olimpiade ketujuhnya di Paris.

Timo Boll, yang melakukan debut Olimpiade pada 2000, memenangkan empat medali beregu di Olimpiade, dengan medali perak di Beijing dan Tokyo serta perunggu di London dan Rio. Penampilan terbaiknya di nomor tunggal Olimpiade terjadi di Athena pada 2004 ketika ia mencapai perempat final.

Komitmen internasional terakhir legenda Jerman ini adalah Olimpiade Paris 2024, yang akan menjadi Olimpiade ketujuhnya, yang akan membuatnya bergabung dengan sebuah klub eksklusif.

Timo Boll, yang tampil di Olimpiade pertamanya di Sydney 2000, akan menjadi petenis meja keenam yang bermain di tujuh Olimpiade yang berbeda, bergabung dengan Jorgen Persson, Zoran Primorac, Jean-Michel Saive, Segun Toriola, dan Olufunke Oshonaike.

“Waktunya telah tiba. Terima kasih untuk perjalanan yang luar biasa,” tulis Boll di Instagram. Dalam video yang menyertai pengumuman pengunduran dirinya, ia mengatakan: “Saya sudah cukup sering berbicara di masa lalu tentang bagaimana saya sangat takut dengan hari ini, keputusan ini, tetapi jelas bahwa hari ini tidak dapat dihindari.

“Sudah waktunya bagi saya untuk mengucapkan selamat tinggal pada panggung dunia olahraga aktif. Setelah banyak merenung, saya telah memutuskan untuk mengakhiri karier tenis meja internasional saya setelah Olimpiade ketujuh saya.

“Saya sangat bersyukur atas karier yang memungkinkan saya memenangkan banyak turnamen, meskipun menang atau kalah tidak selalu menjadi prioritas utama saya.”

Timo Boll, yang merupakan juara Eropa delapan kali di nomor tunggal putra, berjuang melawan cedera dalam beberapa tahun terakhir, sesuatu yang ia singgung dalam video perpisahannya.

“Saya dulu, dan sekarang, merupakan bagian dari olahraga yang saya cintai dengan cara yang istimewa, tetapi karier saya telah meninggalkan banyak bekas dan tubuh saya tidak lagi berfungsi dengan cara yang membuat latihan harian dan turnamen menjadi menyenangkan.”

“Ketika saya mendengar kabar bahwa Timo mengakhiri karirnya, saya merasa sedih,” kata presiden Komite Olimpiade Jerman Thomas Weikert dalam sebuah pernyataan. “Saya bangga mengenal Timo dan berharap dapat mendukungnya sebanyak mungkin di Paris.”

Sementara Boll akan mundur dari panggung internasional setelah Paris dan tidak lagi berkompetisi di kompetisi Tenis Meja Dunia, ia akan bermain di liga Jerman selama satu tahun lagi.

“Ini belum sepenuhnya berakhir setelah Olimpiade, saya akan aktif untuk Borussia Düsseldorf selama satu musim lagi hingga 2025,” katanya.

Boll telah memenangkan dua medali perak Olimpiade di nomor beregu putra untuk Jerman dan akan bertandem dengan Dang Qiu dan Dmitrij Ovtcharov di ajang tersebut di Paris 2024.

Artikel Tag: Timo Boll

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/timo-boll-akan-pensiun-dari-tenis-meja-internasional-setelah-paris-2024
524  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini