Shohei Ohtani Pilih Dodgers, Setujui Rekor Kontrak $700 Juta Untuk 10 Tahun

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 10 Des 2023, 11:07 WIB
Shohei Ohtani melampaui kontrak aktif terbesar di MLB, NFL, NBA, dan NHL. (Foto: Fox Sports)

Shohei Ohtani melampaui kontrak aktif terbesar di MLB, NFL, NBA, dan NHL. (Foto: Fox Sports)

Ligaolahraga.com -

Shohei Ohtani, pemain paling unik dalam sejarah bisbol, bergabung dengan salah satu franchise paling terkenal di dunia, Los Angeles Dodgers, dengan nilai yang lebih besar dari yang bisa dibayangkan oleh siapa pun.

Ohtani, talenta "two-way" yang menghabiskan tiga tahun terakhir mendefinisikan kembali apa yang mungkin terjadi di level tertinggi di dunia bisbol, menyetujui kontrak 10 tahun senilai $700 juta dengan Dodgers pada hari Sabtu (9/12), mengumumkan keputusannya di halaman Instagram-nya.

"Kepada semua penggemar dan semua orang yang terlibat dalam dunia bisbol, saya minta maaf karena butuh waktu lama untuk mengambil keputusan," tulis Ohtani. "Saya telah memutuskan untuk memilih Dodgers sebagai tim saya berikutnya."

Kontrak Shohei Ohtani adalah yang terbesar dalam sejarah bisbol dengan nilai lebih dari $250 juta, melampaui kontrak perpanjangan 12 tahun senilai $426,5 juta yang diberikan pada 2019 kepada Mike Trout, mantan rekan setimnya di Los Angeles Angels.

Kontrak Ohtani ini juga dengan mudah melampaui kesepakatan senilai $450 juta yang ditandatangani quarterback Kansas City Chiefs, Patrick Mahomes, menjadi yang terbesar dalam sejarah olahraga profesional Amerika Utara.

Gaji tahunan rata-rata Shohei Ohtani sebesar $70 juta melampaui rekor Major League Baseball sebelumnya yaitu $43,3 juta untuk Justin Verlander dan Max Scherzer, dan lebih besar dari gaji pada Hari Pembukaan 2023 untuk Baltimore Orioles ($60,9 juta) dan Oakland Athletics ($56,9 juta).

Kesepakatan itu tidak termasuk opsi keluar, kata seorang sumber kepada ESPN. Sumber lain mengatakan "sebagian besar" gaji Ohtani akan ditangguhkan untuk mengurangi biaya yang dibebankan Dodgers terhadap pembayaran pajak keseimbangan kompetitif mereka setiap tahun, memberikan mereka lebih banyak kebebasan untuk menambah pemain selama masa kontrak Ohtani. Penangguhan tersebut, menurut sumber tersebut, merupakan ide dari Ohtani.

"Ini kontrak yang unik dan bersejarah untuk pemain yang unik dan bersejarah," kata Nez Balelo, agen Ohtani di CAA, dalam sebuah pernyataan, menambahkan: "Shohei sangat senang menjadi bagian dari organisasi Dodgers. Dia sangat bersemangat untuk memulai kemitraan ini, dan dia menyusun kontraknya untuk mencerminkan komitmen sejati dari kedua belah pihak untuk kesuksesan jangka panjang."

Shohei Ohtani, 29 tahun, adalah pemain pertama dalam sejarah bisbol yang dinobatkan sebagai MVP dengan suara terbanyak dalam beberapa kesempatan, sebuah kehormatan yang dianugerahkan kepadanya sebanyak dua kali dalam tiga tahun terakhir.

Selama periode tersebut, Ohtani menentang kebiasaan dengan menjadi pelempar dan pemukul, menjadi pemain "two-way" pertama di MLB sejak Babe Ruth menjajal kedua peran tersebut lebih dari seabad yang lalu.

Hanya cedera siku yang bisa menghentikannya.

Shohei Ohtani mengetahui adanya robekan baru pada ligamen kolateral ulnarisnya - cedera kedua yang dialaminya dalam lima tahun terakhir - pada 23 Agustus, di penghujung musim ketiga berturut-turut bagi Angels. Hampir empat pekan kemudian, ia menjalani apa yang secara samar-samar digambarkan sebagai operasi Tommy John versi hibrida.

Orang yang mengoperasinya, dokter tim Dodgers Neal ElAttrache, menulis dalam sebuah pernyataan bahwa Ohtani akan siap untuk memukul "tanpa batasan apa pun pada hari pembukaan tahun 2024" dan melanjutkan perannya sebagai pemain "two-way" pada tahun 2025, tetapi rincian prosedurnya sulit dipahami.

Dalam halaman Instagramnya, Shohei Ohtani tidak lupa berterima kasih kepada Los Angeles Angels, tim bisbol MLB pertamanya sejak menginjakkan kaki di Amerika pada 2018.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua orang yang terlibat dalam organisasi Angels dan para penggemar yang telah mendukung saya selama enam tahun terakhir, serta kepada semua orang yang terlibat dalam setiap tim yang menjadi bagian dari proses negosiasi ini," tulis Ohtani.

"Khususnya kepada para penggemar Angels yang telah mendukung saya melalui semua pasang surut, dukungan dan semangat kalian sangat berarti bagi saya. Enam tahun yang saya habiskan bersama Angels akan tetap terukir di hati saya selamanya.

"Dan untuk semua penggemar Dodgers, saya berjanji untuk selalu melakukan yang terbaik bagi tim dan terus memberikan yang terbaik untuk menjadi versi terbaik dari diri saya. Hingga hari terakhir dalam karier bermain saya, saya ingin terus berusaha maju, tidak hanya untuk Dodgers, tetapi juga untuk dunia bisbol."

Artikel Tag: Shohei Ohtani

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/shohei-ohtani-pilih-dodgers-setujui-rekor-kontrak-700-juta-untuk-10-tahun
1203  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini