Shinzo Abe Putuskan Absen di Pembukaan Olimpiade Tokyo, Akibat Covid-19

Penulis: Senja Hanan
Kamis 22 Jul 2021, 22:35 WIB
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe bersama Presiden IOC.

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe bersama Presiden IOC.

Ligaolahraga.com -

Berita Olimpiade: Besok, Jepang bakal menggelar pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Namun, mantan Perdana Jepang, Shinzo Abe memutuskan untuk absen di acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, Abe jadi ujung tombak upaya Jepang untuk memenangi tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2013. Dia mengundurkan diri September lalu dengan alasan kesehatan.

Upacara pembukaan Olimpiade akan diadakan Jumat di Stadion Nasional Tokyo dengan jumlah tamu VIP terbatas dan tanpa penonton umum karena ibu kota Jepang itu berada di bawah kadaan darurat COVID-19.

Shinzo Abe juga dikenal dengan pernah menggunakan kostum kartun karakter video game Super Mario dalam penampilan kejutan pada upacara penutupan Olimpiade sebelumnya di Rio de Janeiro pada 2016.

Menurut laporan NHK, Abe memutuskan untuk tidak menghadiri upacara tersebut setelah pemerintah Jepang mengumumkan keadaan darurat dan pembatasan virus di Tokyo, dalam upaya untuk meminimalkan risiko kesehatan di antara penduduk dan pengunjung.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga memulai pertemuan maraton dengan pejabat asing yang menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, di antaranya ibu negara AS Jill Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sekitar 15 atau lebih pemimpin dunia akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade, turun dari sekitar 40 orang yang menghadiri acara yang sama pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Sekitar 70 pejabat tingkat kabinet juga akan mengunjungi Jepang. Juru bicara pemerintah, Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato, mengatakan jumlah itu belum difinalisasi.

Artikel Tag: olimpiade tokyo, jepang, Shinzo Abe

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/shinzo-abe-putuskan-absen-di-pembukaan-olimpiade-tokyo-akibat-covid-19
316  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini