PON 2020 Bisa Susul Euro Dan Olimpiade Sebagai Event Olahraga Yang Ditunda

Penulis: Dayat Huri
Rabu 01 Apr 2020, 16:00 WIB
PON 2020 Bisa Susul Euro Dan Olimpiade Sebagai Event Olahraga Yang Ditunda

Logo PON 2020 Papua

Berita Olahraga: Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 berkemungkinan menyusul Euro 2020 dan Olimpiade yang pelaksanaannya sudah resmi ditunda pada tahun depan. Meski belum resmi mengumumkan penundaan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat juga belum bisa memastikan apakah PON 2020 akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah disusun.

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Papua terkait opsi penyelenggaraannya.

"Tetapi menyikapi perkembangan dari ancaman Covid-19 ini, tentunya KONI Pusat akan selalu membuat evaluasi dari waktu ke waktu," jelas Marciano seperti dilansir laman Antara.

Dijelaskannya, KONI Pusat akan mempertimbangkan setiap saran dari pemerintah terkait pelaksanaan pesta olahraga multi event terbesar di Indonesia.

"Oleh karenanya, apapun perkembangan situasi itu nanti, kita lihat menjelang masa-masa mendekata pelaksanaan PON. Kami akan mendengarkan sepenuhnya dari Menteri Kesehatan dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga," jelasnya.

Meski tidak bisa menjamin waktu penyelenggaraan PON 2020 tetap sesuai jadwal yang sudah disusun. Dia berharap agar pandemi Covid-19 yang kini tengah mewabah di Indonesia bisa segera berakhir, sehingga tidak berpengaruh terhadap jadwal.

"Apabila dimungkinkan dilaksanakan dengan kondisi yang aman untuk kita semua, tentunya PON akan dilakukan tepat pada waktunya. Tetapi apabila ada dinamika yang mengharuskan kita mengambil langkah yang mengutamakan keselematan, keamanan bagi seluruh peserta PON dan masyarakat yang ada di Papua, tentunya KONI Pusat akan segera melakukan penyesuaian-penyesuaian," jelasnya.

Seperti diketahui, menyikapi pandemic Covid-19 yang tengah menyerang dunia, sejumlah event olahraga sudah terlebih dahulu ditunda, seperti Olimpiade dan Euro 2020. Tidak hanya itu, gelaran Moto GP dan liga-liga sepak bola di dunia juga tengah dihentikan untuk sementara waktu.

Artikel Tag: pon 2020, olimpiade, Covid-19, Euro 2020

554  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini