Menpora Nantikan Kepri Kembangkan Potensi Sport Tourism

Penulis: Hendra Nugroho
Senin 23 Nov 2020, 07:00 WIB
Menpora Zainudin Amali

Menpora Zainudin Amali saat kunjungan kerja ke Kepulauan Riau, Minggu (22/11)

Berita Olahraga: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menanti Kepulauan Riau untuk bisa mengembangkan potensi sport tourism. Pasalnya ia menilai Kepri memiliki potensi dalam memajukan olahraga yang dibalut pariwisata tersebut.

"Mengingat bahwa Kepri banyak dikitari lautan dan yang terkenal dalam peradaban sebagai Selat Malaka, sangat cocok dikembangkan olahraga bahari sekaligus pariwisata," kata Menpora.

"Saya tadi mampir ke Lagoi, indah dan pasti banyak diminati. Contoh, Thailand saja yang dulu hanya mengandalkan pendapatan sektor hiburan sekarang sudah paket wisata dan olahraga. Negara kita lebih punya potensi karena sumber daya alam yang luar biasa," tambahnya.

Menpora tampak senang dan optimis bagaimana sport tourism dikembangkan di daerah ini. Apalagi Treasure Bay Bintan dan Bintan Cakrawala Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau cukup begitu luar biasa pemandanganya.

"Lagoi ini indah dan pasti banyak diminati, apalagi sudah dirancang dengan berbagai fasilitas untuk bisa berolahraga," katanya.

Letak strategis di Selat Malaka, berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan persinggahan lalu-lintas perdagangan internasional, meskipun suasana seperti sekarang sekalipun akan mudah mendatangkan orang bila ada kemasan pariwisata berpaket olahraga.

"Sekarang tinggal kita bagaimana meyakinkan negara-negara lain tentang penanganan covid, jika mereka sudah percaya di sini akan mudah karena jarak antar negara dekat," ucap Menpora melanjutkan pembicaraan.

Sebelumnya, dalam sambutan selamat datang Pjs Gubernur Kepri menyebutkan bahwa dalam waktu dekat akan diadakan perlombaan Dragon Boat, olahraga air perahu naga yang banyak diminati wisatawan.

"Tanjung pinang ini dalam sejarahnya adalah pusat peradaban dan pusat perdamaian, semua bangsa lewat dan singgah di sini (Selat Malaka), nanti ada Dragon Boat semoga menggeliatkan kembali olahraga dan perekonomian," ucap Pjs Bahtiar.

Dampak besar akibat Pandemi Covid-19 dirasakan juga di Kepri, oleh karenanya diperlukan usaha bersama pusat dan daerah untuk segera membangkitkan. Jamuan makan malam diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Pjs Gubernur Kepri kepada Mennpora Zainudin Amali sebagai tanda tali silaturahmi telah hadir dan berkunjung ke Negeri Gurindam Dua Belas (sebutan lain Kepri). S

Sementara itu Direktur Human Resources & Administration Nana Pardianawati menerangkan bahwa Treasure Bay Bintan dengan luas sekitar 90 Ha berfasilitas sangat memadai untuk para penikmat rekreasi sekaligus dapat berolahraga. S

Seperti Fun Park dimana tersedia Classic Car, Solar Boat. Yang X-Perience ada Cable Ski, yaitu bisa bermain ski dengan tetap aman karena tetap terkendali dalam kabel. Bagi pecinta olahraga adrenalin tersedia X-Treme Adventure dengan ATV Off-Road Trains, Mini Electric ATV, dan lain-lain.

Artikel Tag: Menpora, Zainudin Amali, Kepri, sport tourism

358  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini