Magnus Carlsen and Hikaru Nakamura Favorit di Champions Chess Tour 2023

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 22 Nov 2023, 08:23 WIB
Magnus Carlsen (kiri) dan Hikaru Nakamura. (Foto: CHESS.COM)

Magnus Carlsen (kiri) dan Hikaru Nakamura. (Foto: CHESS.COM)

Ligaolahraga.com -

Grandmaster Magnus Carlsen dan Hikaru Nakamura, dua nama terbesar dalam dunia catur, akan berhadapan langsung dengan para pemain terbaik di tahun 2023 saat Champions Chess Tour yang berhadiah total $2 juta dari Chess.com mencapai putaran final bulan depan.

Untuk pertama kalinya, Final Tur yang diikuti delapan pemain - babak terakhir dari turnamen catur terbesar sepanjang musim ini - akan dimainkan secara langsung dan online pada 9-16 Desember mendatang.

Toronto, Kanada, akan menjadi kota tuan rumah dan pemenangnya akan dinobatkan sebagai Juara Tur 2023 dan akan mendapatkan hadiah pertama sebesar $200.000 sebagai tambahan dari hadiah yang telah diperoleh. Total hadiah sebesar $500.000 akan diperebutkan di Final Tur.

Magnus Carlsen, pecatur nomor satu dunia dan juara bertahan Tour, dan Hikaru Nakamura, pecatur papan atas dunia, sejauh ini mendominasi musim 2023. Persaingan mereka sedang memanas, tetapi mereka tidak sendirian.

Amerika Serikat juga memiliki pecatur-pecatur hebat. Fabiano Caruana (pecatur nomor dua dunia saat ini dan Juara AS yang baru) dan Wesley So akan bergabung dengan Hikaru Nakamura untuk membela kehormatan negara mereka.

Para pemain muda juga siap meraih kemenangan. Pecatur sensasional Uzbekistan, GM Nodirbek Abdusattorov, bintang baru yang memenangkan Piala ChessKid tahun ini dan menduduki posisi kedua dalam peringkat Chess Tour secara keseluruhan, akan menempati posisi teratas.

Ia bergabung dengan GM Prancis kelahiran Iran, Alireza Firouzja, dan pecatur termuda di lapangan yang berusia 17 tahun, yaitu GM Denis Lazavik, bintang baru tahun ini. Pecatur muda ini berhasil mengakhiri musim reguler Chess Tour dengan baik untuk meraih tempat di final Tour.

Paket kejutan tahun ini, GM Maxime Vachier-Lagrave, GM Prancis yang 'rumit', GM kedua terbaik Prancis di turnamen ini, akan berusaha melanjutkan penampilannya yang memukau setelah dua kali mengalahkan Magnus Carlsen untuk memenangkan acara terakhir, AI Cup.

Magnus Carlsen sendiri lolos ke putaran final dengan memenangkan tiga dari enam acara di Chess Tour: Airthings Masters, Aimchess Rapid, dan Julius Baer Generation Cup. Sejauh ini, ia telah mengumpulkan hadiah uang sebesar $125.000. Petenis Norwegia berusia 32 tahun ini mengincar hattrick kemenangan Tour.

Sementara itu, Hikaru Nakamura menempati posisi runner-updi belakang Magnus Carlsen di Airthings Masters sebelum Hikaru Nakamura mengalahkan Caruana untuk menjuarai Chessable Masters di bulan April, sebuah ajang di mana Carlsen menempati posisi ketiga.

Putaran final akan dimulai pada 9 Desember dengan babak round robin delapan pemain. Pertandingan akan berlangsung selama tiga hari dengan dua pemain teratas akan maju ke babak sistem gugur.

Pertandingan akan dimainkan dalam format best-of-two-set, dengan setiap set terdiri dari empat game, dengan Armageddon jika diperlukan. Semua pertandingan, kecuali pertandingan Armageddon, akan dimainkan dengan menggunakan kontrol waktu catur cepat 15+3 dan akan diberi nilai FIDE.

Di akhir babak round-robin, dua pemain dengan peringkat terendah akan dieliminasi. Enam pecatur yang tersisa di peringkat 3 hingga 6 akan memperebutkan dua tempat semifinal yang tersisa dalam babak penyisihan ganda pada 12 Desember.

Babak eliminasi tunggal dengan sistem gugur terbaik akan dimulai dengan babak semifinal pada 13 dan 14 Desember. Para pemenang akan saling berhadapan dalam Grand Final yang berlangsung selama dua hari mulai 15 Desember. Juara Tur 2023 akan dinobatkan pada 16 Desember.

Artikel Tag: Magnus Carlsen, Hikaru Nakamura

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/magnus-carlsen-and-hikaru-nakamura-favorit-di-champions-chess-tour-2023
1440  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini