Kengo Suzuki Cetak Rekor Baru di Lake Biwa Mainichi Marathon

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Senin 01 Mar 2021, 13:30 WIB
Kengo Suzuki Cetak Rekor Maraton Jepang di Lake Biwa Mainichi Marathon

Kengo Suzuki Cetak Rekor Maraton Putra Jepang via KYODO

Berita Atletik : Kengo Suzuki mencetak rekor maraton putra Jepang saat menjadi juara di event Lake Biwa Mainichi Marathon, di Otsu, hari Minggu (28/2), setelah berlari dalam waktu 2 jam 4 menit dan 56 detik.

Atlet berusia 25 tahun itu berhasil memimpin di sekitar 36 kilometer, dan langsung meningkatkan kecepatan untuk menuju garis finis dengan catatan waktu 2 jam 4 menit dan 56 detik, yang melampaui rekor sebelumnya 2:05:29 yang dibuat Suguru Osako bulan Maret lalu di Tokyo Marathon.

Atlet asal Jepang itu mengaku bangga bisa mencetak rekor maraton Jepang, meski ia sendiri terkejut bisa mencatat prestasi sebesar itu.

"Saya tidak pernah berpikir akan mencatatkan waktu seperti ini ( yang mencetak rekor). Saya terkejut seperti yang lain," ungkap Suzuki dilansir Japan Times.

"Saya merasa tidak dapat membangun ritme selama 10km pertama, tetapi setelah 20,25 km saya menemukan ritmenya. Sampai sekarang kecepatan saya mengendur setelah midpoint, jadi saya berharap bisa memperbaikinya," lanjutnya.

Keberhasilan pada Lake Biwa Mainichi Marathon tahun ini juga memperbaiki torehan Suzuki di edisi tahun lalu, yang hanya menempati urutan 12. Ini juga jadi terakhir kali event diadakan di Shiga Perfecture, karena tahun depan akan digabungkan ke dalam Osaka Marathon.

"Saya telah berlatih selama ini dengan mengingat rasa frustasi (akibat kegagalan tahun lalu). Saya berhati-hati dalam menggunakan kecepatan dan latihan beban, saya bisa berlatih dengan baik," ungkap Kengo Suzuki mengenai kunci keberhasilan Lake Biwa Mainichi Marathon tahun ini.

Dilansir Japan Times, Suzuki yang berasal dari Prefektur Ehime juga sudah mengalihkan fokus ke Olimpiade Paris, usai gagal lolos ke Olimpiade Tokyo. Dia hanya menempati peringkat ketujuh pada balapan kualifikasi domestik Olimpiade Tokyo pada September 2019, sehingga tidak berhasil menembus tim.

"Saya sedang fokus berlatih untuk Paris (Olimpiade). Saya harap bisa meningkatkan diri secara bertahap agar bisa berlari di kejuaraan dengan bendera Jepang di jersey saya." Harap Kengo Suzuki.

Artikel Tag: Kengo Suzuki, Lake Biwa Mainichi Marathon, Olimpiade 2020 Tokyo, Olimpiade Paris 2024, Atletik Dunia

649  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini