Kejurnas Untuk Atlet Difabel Digelar Oleh Kemenpora

Penulis: Dhimas
Selasa 15 Sep 2015, 14:33 WIB
Kejurnas Untuk Atlet Difabel Digelar Oleh Kemenpora

Pihak Kemenpora saat pembukaan Kejuaraan Nasional bagi atlet difable

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga, bersama National Paralimpic Committee (NPC), menggelar Kejuaraan Nasional bagi atlet difable dalam skala besar di Solo, Jawa Tengah, 14-17 September 2015. Ajang multicabang ini diikuti sekitar 495 atlet dari 25 provinsi.

"Idenya itu karena melihat Kejurnas yang non-difable ada, sementara atlet-atlet yang difable belum punya. Makanya kami mencoba melaksanakan Kejurnas ini bersama," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, mengutip dari Detik.

Kejurnas bagi atlet difabel ini mempertandingkan lima cabang yaitu angkat berat, tenis meja, renang, atletik, dan catur. Hal ini berbeda dengan Kejurnas yang umumnya hanya mempertandingkan satu cabang dalam satu ajang.

"Sempat ada, hanya dua cabor tapi putus begitu saja. Ini baru pertamakali dalam bentuk multievent. Harapan kami ke depan, Kejurnas difabel ini bisa dilakukan di masing-masing cabor, seperti Kejurnas non-difable pada umumnya," sambungnya.

Kejurnas ini bakal menjadi ajang uji coba untuk promosi sekaligus degradasi atlet ASEAN Paragames 2015 walaupun penentuannya dilakukan saat entry by name oktober mendatang.

"Tapi bukan berarti dapat emas langsung masuk. Tentu kawan-kawan dari NPC dan Satlak Prima yang menentukan itu. Ada pertimbangan khusus lagi misalnya soal usia, nomor pertandingannya, karena kan tidak mungkin sama dengan yang di sini," tegas Djoko Pekik.

Lima cabang yang dipertandingkan di Kejurnas ini diharapkan bisa memperkokoh kekuatan Indonesia di ASEAN Paragames yang digelar di Singapura Desember mendatang. Selain itu, engan adanya kompetisi ini maka akan ada pembinaan di setiap daerah untuk para kaum difabel untuk bisa berprestasi.

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/kejurnas-untuk-atlet-difabel-digelar-oleh-kemenpora
638  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini