FPTI Harus Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Atletnya

Penulis: Dayat Huri
Selasa 07 Jun 2022, 14:00 WIB
Menpora RI, Zainudin Amali bersama atlet panjat tebing saat menerima kunjungan FPTI

Menpora RI, Zainudin Amali bersama atlet panjat tebing/foto dok Kemenpora RI

Ligaolahraga.com -

Berita Olahraga: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali meminta Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) untuk serius membenahi kemampuan komunikasi atlet, terutama kemampuan bahasa Inggris yang dinilainya memiliki peran vital untuk keberhasilan atlet di tingkat internasional.

Cabang olahraga (cabor) panjat tebing memang masuk sebagai salah satu cabor unggulan di dalam Perpres 86/2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Panjat tebing diproyeksikan dapat menyumbang medali emas pada Olimpiade Paris 2024 nanti.

Diantara atlet yang cukup diandalkan untuk dapat merealisasikan target tersebut adalah Veddriq Leonardo, peraih medali emas World Cup Series Salt Lake City dan Kiromal Katibin yang merupakan pemegang rekor dunia 5,10 detik.

"Komunikasi akan menjadi hambatan bagi para atlet yang sedang berada di luar negeri. Karena itu, saya minta kepada Ketum FPTI Yenny Wahid dan pelatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka (atlet ) pada saat di luar negeri," ujarnya Amali seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Ia juga meminta kepada Ketum FPTI untuk mengunakam bahasa internasional sehari-hari kepada para atlet panjat tebing sehingga para atlet ini terbiasa dan juga untuk pelatih memberikan intruksinya juga menggunakan bahasa internasional.

"Mereka ini juara dunia. Tentunya juara dunia harus tetap rendah hati, dan yang lainya (bahasa Inggris) harus ditingkatkan lagi," jelasnya.

Menurutnya, pertemuan dengan Ketum FPTI berkaitan dengan ajang World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022 di Salt Lake City, Amerika Serikat.

"Bu Ketum menyampaikan hasil dari ajang World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022 di Amerika Serikat. Selain itu, Bu Ketum juga menyampaikan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia panjat tebing pada bulan September. Dan juga rencana membangun tempat untuk latihan dan sekaligus untuk kejuaraan-kejuaraan pajat tebing baik itu nasional maupun internasional," terang Amali.

Artikel Tag: fpti, amali, Panjat Tebing, olimpiade

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/fpti-harus-tingkatkan-kemampuan-bahasa-inggris-atletnya
522  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini