Dana White Dukung Juri soal Kontroversi Kunitskaya vs Vieira

Penulis: Mochammad Muaz
Rabu 24 Feb 2021, 13:30 WIB
Dana White: Kunitskaya layak menang: (Gambar: Getty)

Dana White sebut keputusan juri sudah tepat. (Gambar: Getty)

Berita UFC: Presiden UFC Dana White buka suara soal kemenangan kontroversial Yana Kunitskaya atas Ketlen Vieira.

Ajang UFC Vegas 19 yang lalu dimulai dengan meriah dan pertandingan yang seru, dan akan diakhiri dengan partai yang tidak kalah kualitasnya. Namun, sebelum partai utama perhelatan itu digelar, terdapat kontroversi soal keputusan juri dalam duel kelas bantam. Namun White yakin juri dan wasit membuat keputusan yang tepat.

Di kelas 135-pon itu, dua penantang gelar juara kelas bantam itu bertarung untuk meningkatkan ranking mereka. Setelah pertandingan sengit yang penuh kuncian dan perubahan momentum, ‘Foxy’ keluar sebagai pemenangnya dan tangannya yang diangkat oleh wasit di akhir pertandingan via unanimous decision.

“Dia tidak melakukan apapun,” komentar White soal Vieira pada Kunitskaya dalam sebuah panggilan FaceTime. “Kamu selalu melancarkan pukulan. Ke badan, ke kepala, selalu terus memukulnya, tidak pernah berhenti memukulnya. Jumlah pukulanmu unggul 178 dibanding 16 atau berapalah. Kamu secara mutlak, secara meyakinkan memanangkan pertandingan itu.”

Beberapa hantaman siku yang keras di akhir laga yang membuat Vieira terluka hingga berdarah memantapkan keputusan wasit untuk memberikan kemenangan tersebut pada Foxy, setelah ia didominasi selama empat menit 14 detik di ronde ketiga, berdasarkan UFC Stats. Seperti yang dikatakan oleh White, jumlah pukulan secara keseluruhan antara kedua petarung memang tidak berimbang. Sang petarung asal Rusia berhasil menyarangkan 215 pukulan sementara lawannya hanya 35.

Kemenangan tersebut mengembalikannya ke ragkaian kemenangan beruntun dan tentunya akan meningkatkan posisinya di ranking kelas bantam. Selanjutnya, ia mengincar rematch dengan petarung terakhir yang mengalahkannya, Aspen Ladd.

Kunitskaya vs Ladd berlangsung pada bulan Desember 2019 di mana Ladd keluar sebagai pemenang via TKO di ronde kedua. Kekalahan tersebut hanya merupakan yang kedua bagi petarung Rusia itu yang disebabkan oleh pukulan dan hanya yang kedua baginya di UFC sejak melakukan debutnya pada tahun 2018.

Dalam lima pertarungan terakhirnya, Foxy meraih empat kemenangan dan satu kekalahan. Kemenangan tersebut diraih melawan Lina Lansberg, Marion Reneau, Julija Stoliarenko, dan Vieira. Semuanya via unanimous decision.

Artikel Tag: Dana White, Yana Kunitskaya, UFC

594  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini