Berita Olimpiade: Presiden IOC Tegaskan Kembali Alasannya Membela Rusia

Penulis: Erna
Kamis 04 Agu 2016, 05:11 WIB
Berita Olimpiade: Presiden IOC Tegaskan Kembali Alasannya Membela Rusia

Bach Tegaskan Alasannya Membela Rusia

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita Olimpiade: Presiden IOC Thomas Bach menegaskan kembali tentang diperbolehkannya atlet Rusia yang bebas dari doping untuk mengikuti ajang Olimpiade Rio, karena mengingat Hak Asasi Manusia yang harus dijunjung tinggi. Tujuan dari Olimpiade ini pun untuk menyatukan berbagai macam bangsa dari seluruh penjuru dunia.

Hari ini (3/8), IOC meyelenggarakan rapat persiapan terakhir guna acara pembukaan Olimpiade taggal 5 Agustus mendatang. Dalan pidato pembukaan rapat tersebut, Bach kembali menegaskan tentang terbukanya kesempatan bertanding bagi atlet Rusia yang bersih dari doping. Hal ini memang sempat menjadi kontroversi mengingat HAM yang harus dijunjung tinggi pula. 

Sebaliknya, Bach memang sempat mengkaji keputusannya untuk mendiskualifikasi seluruh atlet dari Rusia. Doping memang bukan persoalan yang sederhana. Jadi keputusan untuk mendiskualifikasi pun sebenarnya masuk akal. Namun sayangnya, Vladimir Putin berhasil membalikkan keadaan atas nama HAM.

“Efek yang ditimbulkan akan jauh lebih dahsyat kalau seluruh atlet Rusia harus didiskualifikasi,” ungkap Bach dalam pidatonya. Menurutnya, para atlet yang bersih tetap harus dijaga hak-haknya. Bila tidak, akan ada kerusakan semangat berolahraga, dan itu sebuah bencana besar bagi para atlet.

“Keputusan ini sudah sangat proporsional. Di satu sisi, atlet yang positif menggunakan doping memang harus dikeluarkan, namun juga harus tetap menjaga hak-hak atlet yang bersih juga,” lanjutnya.

Berkali-kali, Bach menegaskan bahwa tujuan dari Olimpiade ini adalah untuk menyatukan bangsa-bangsa. Olahraga adalah salah satu cara untuk menyatukan berbagai macam bangsa dari seluruh penjuru dunia. Bila Rusia tak boleh diikutsertakan hanya karena ada satu atau dua atletnya yang bermasalah, maka tujuan dari penyatuan bangsa-bangsa tersebut tidak akan tercapai.

Untuk ke depan, Bach berjanji akan memperbaiki sistem yang selama ini dipakai untuk mengatur penggunaan doping. Diharapkan, tahun depan tak ada kasus doping lagi yang ditemukan di Olimpiade.

Artikel Tag: bach, Olimpiade Rio, IOC, kasus doping, Atlet Rusia, ragam olahraga 2017

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/berita-olimpiade-presiden-ioc-tegaskan-kembali-alasannya-membela-rusia
944  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini