Berita Olimpiade: IOC Setuju Arena Pertandingan untuk Cabang Baru Olimpiade Tokyo 2020

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 09 Des 2016, 15:48 WIB
Berita Olimpiade: IOC Setuju Arena Pertandingan untuk Cabang Baru Olimpiade Tokyo 2020

Logo Tokyo 2020 di Gedung Kantor Pemerintahan Metropolitan Tokyo

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga – Berita Olimpiade: Arena-arena yang diajukan untuk lima cabang olahraga baru di Olimpiade 2020 Tokyo disetujui pada Selasa (6/12) lalu, usai mendapatkan lampu hijau dari Komite Olimpiade Internasional (IOC). Demikian dikatakan kepala Olimpiade Tokyo, Yoshiro Mori, kepada wartawan.

Bisbol dan softball akan digelar di Yokohama Stadium, arena Nippon Budokan di Tokyo akan menjadi lokasi pertandingan karate, sementara itu sejumlah fasilitas sementara di ibu kota Jepang akan menjadi tempat diselenggarakannya olahraga panjat dan skateboarding. Provinsi Chiva dan sepanjang garis pantainya menjadi lokasi dilaksanakannya kompetisi surfing.

 

“Proposal-proposal kami telah dikonfirmasi dan disetujui oleh IOC,” kata Mori. “Mereka menghargai perkembangan kami dan memberikan evaluasi yang amat bagus kepada kami.”

 

Kelima cabang olahraga baru itu hanya akan sekali diadakan dalam olimpiade setelah dipilih oleh tuan rumah berdasarkan peraturan baru IOC.

 

Pihak penyelenggara juga tengah berdiskusi dengan World Baseball and Softball Confederation (WBSC) untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan bisbol dan softball di Prefektur Fukushima, lokasi terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret 2011.

 

Mori mengatakan dirinya tidak mendiskusikan perihal Fukushima ini dengan IOC dalam pertemuan mereka pada Rabu (7/12) lalu.

 

Pihak penyelenggara dan IOC berharap kelima olahraga baru itu akan menarik minat penonton dan fans dari kalangan usia yang lebih muda, selain juga pihak sponsor dan mendongkrak kemeriahan Olimpiade.

 

Tokyo dipilih oleh IOC sebagai pilihan yang aman untuk menyelenggarakan multieven olahraga terbesar di dunia tersebut. Namun pihak penyelenggara kesulitan dengan biaya yang terus membengkak.

 

Biaya untuk banyak arena pertandingan meningkat sejak Tokyo memenangi hak sebagai tuan rumah Olimpiade pada 2013. Pihak penyelenggara menyalahkan meningkatnya biaya pembangunan setelah terjadinya gempa bumi dan tsunami lima tahun lalu.

Artikel Tag: olimpiade tokyo, Olimpiade 2020, olimpiade, IOC, bisbol, softbal, Karate, olahraga panjat, skateboarding, Surfing

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/berita-olimpiade-ioc-setuju-arena-pertandingan-untuk-cabang-baru-olimpiade-tokyo-2020
1544  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini