Berita Olimpiade: Apakah Transgender Perlu Diberi Tempat Di Arena Olimpiade?

Penulis: Erna
Selasa 02 Agu 2016, 11:01 WIB
Berita Olimpiade: Apakah Transgender Perlu Diberi Tempat Di Arena Olimpiade?

Atlet intersex yang menjadi kontroversi

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Caster Semenya adalah seorang atlet wanita dari Afrika Selatan yang memiliki tenaga super seperti pria. Ia berhasil memecahkan rekor lari sepanjang 800 tercepat. Tetapi hal ini justru menjadi kontroversi karena tubuhnya memang wanita, namun kekuatannya hampir sebanding dengan lelaki.

Selalu ada hal yang perlu dikaji lebih lanjut perihal Olimpaide dari tahun ke  tahun. Permasalahan baru selalu muncul dari olimpiade yang satu ke olimpiade berikutnya . Kini, Olimpiade Rio harus menempatkan kasus transgender dalam ajang olahraga. Dalam kenyataannya, ada beberapa atlet wanita yang memiliki tenaga super seperti pria. Hal ini karena produksi testosterone yang begitu berlebihan di tubuh wanita. Dalam olahraga, hal ini tentu jadi suatu masalah. Dan Olimpiade tahun ini harus mengkaji tentang hal ini.

Salah seorang atlet dari Afrika Selatan adalah bukti nyata. Ia termasuk kedalam atlet Olimpiade untuk cabang olahraga lari. Caster Semenya namanya. Ia telah berhasil memecahkan rekor lari sepanjang 800 tercepat. Tentu saja medali emas seperti itu sudah di depan mata,mengingat kekuatannya dalam berlari hingga memecahkan rekor dunia. Namun hal ini menjadi kontroversi sekarang. Semenya termasuk ke dalam deretan manusia status intersex. Tubuhnya memang wanita,namun kekuatannya hampir sebanding dengan lelaki.

Terkait hal ini, ada banyak kajian yang sedang dibahas. Dari sisi HAM, tentu Semenya punya hak untuk ikut dalam turnamen olahraga bergengsi tersebut. Dan tentu saja ia pantas didudukkan bersama para atlet wanita, mengingat tubuhnya adalah tubuh wanita. Namun dari sisi keadilan dalam olahraga atletik, tentu hal ini tidak dibenarkan. Meskipun Semenya bertubuh wanita, namun hormon yang ada dalam tubuhnya adalah hormon lelaki. Pantas saja kalau ia memenangkan kejuaraan untuk kategori putri.

Ada banyak stigma tentang manusia jenis ini. Lalu bagaimana IOC menanggapi permasalahan inter sex seperti Semenya? Harus ada kajian yang mendalam tentang hal ini.

Artikel Tag: caster semenya, atlet lari, atlet afrika selatan, Olimpiade Rio, IOC

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/berita-olimpiade-apakah-transgender-perlu-diberi-tempat-di-arena-olimpiade
1755  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini