Berita Olimpiade 2016: Atlet Lari Afrika Selatan Ini Jadi Kontroversi

Penulis: Erna
Rabu 03 Agu 2016, 08:09 WIB
Berita Olimpiade 2016: Atlet Lari Afrika Selatan Ini Jadi Kontroversi

Caster Semenya Menjadi Kontroversi

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita Olimpiade 2016: Caster Semenya, dialah seorang atlet lari dari Afrika Selatan yang menjadi buah bibir banyak kalangan di penyelenggara olimpiade dan para peserta. Pasalnya, Atlet lari itu memiliki kelebihan hormon testosterone di dalam tubuhnya yang menyebabkan dirinya cenderung terlihat seperti lelaki.

Pembicaraan tentang atlet lari itu tak hanya di olimpiade tahun ini, pada ajang olahraga waktu lalu ditahun 2011 ada test khusus yang diberikan kepada Semenya untuk mengetahui keadaan tubuhnya. Dan ia telah positif kelebihan hormon testosteron.

Ketika banyak orang sedang berbicara tentang konspirasi dan politik di ajang olahraga, ada  satu hal yang nyaris dilupakan. Keberadaan atlet putri yang secara biologis mengalami kelainan seolah tertutup begitu saja.

Caster Semenya adalah pelari dari Afrika Selatan yang kini sedang dibicarakan banyak orang karena kelainan yang didapatinya. Ia memiliki hormon testosterone yang berlebihan sehingga memiliki energi yang lebih jika dibandingkan dengan atlet putri yang normal.

Berkaitan dengan hal itu,ada banyak  pihak yang ikut buka suara. Namun sebelum ikut memberikan komentar, ada baiknya semua orang tahu tentang siapa Semenya dan  apa saja prestasi yang berhasil didapatnya.

Semenya dinyatakan mengidap sebuah kelainan yang disebut hyperandrogenism. Kelainan ini semacam kelebihan hormon testosterone dalam tubuh sehingga menyebabkan Semenya cenderung terlihat seperti lelaki.

Sementara itu, CAAF menyatakan bahwa Semenya memang benar-benar mengalami kelainan. Tahun 2011, ada sebuah test yang khusus diberikan kepada Semenya untuk mengetahui bagaimana keadaan tubuhnya yang sebenarnya. Terbukti bahwa kandungan hormon testosterone jauh melebihi atlet putri normal yang lainnya.

Tahun 2009, Semenya berhasil menjadi pelari terbaik dunia. Tak cukup di situ saja, ia juga mendapatkan medali perak untuk Olimpiade tahun 2012. Dan untuk Olimpaide di Rio tahun ini, Semenya pun akan ikut bertanding. Ia pernah memecahkan rekor dunia sebagai pelari tercepat. Dalam waktu kurang dari 2 menit, Semenya dapat berlari sejauh 800 meter. Namun tentang keikutsertaannya dalam Olimpiade, IOC belum memberikan komentar apapun.

Artikel Tag: caster semenya, atlet lari, lari 2017, atlet afrika selatan, CAAF, IOC, Olimpiade Rio

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/berita-olimpiade-2016-atlet-lari-afrika-selatan-ini-jadi-kontroversi
2573  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini