AS Kembali Kirim Lebih Banyak Atlet Putri Daripada Putra Ke Olimpiade

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 11 Jul 2024, 11:54 WIB
Perenang putri Katie Ledecky memimpin kontingen AS dengan 10 medali Olimpiade, termasuk tujuh emas dan tiga perak. (Foto: Reuters)

Perenang putri Katie Ledecky memimpin kontingen AS dengan 10 medali Olimpiade, termasuk tujuh emas dan tiga perak. (Foto: Reuters)

Ligaolahraga.com -

Untuk Olimpiade Musim Panas keempat kalinya secara berturut-turut, kontingen Amerika Serikat akan mengirimkan daftar nama yang menampilkan lebih banyak atlet putri daripada putra.

Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS mengumumkan kontingen beranggotakan 592 orang pada hari Rabu (9/7) yang akan berangkat ke Paris akhir bulan ini.

Daftar tersebut terdiri dari 314 atlet putri dan 278 atlet putra, dengan rentang usia 16 hingga 59 tahun dan diwakili oleh 46 negara bagian.

Terdapat 66 juara Olimpiade yang telah meraih total 110 medali emas dan tiga peraih lima kali medali Olimpiade, termasuk atlet basket Diana Taurasi serta atlet berkuda Steffen Peters dan McLain Ward.

Upacara pembukaan di Paris berlangsung pada 26 Juli, dengan para atlet berkumpul di atas kapal yang berlayar di sepanjang Sungai Seine menuju Menara Eiffel. Kompetisi dimulai pada 24 Juli dan berakhir pada 11 Agustus.

Tim Amerika Serikat menjadi favorit untuk memuncaki perolehan medali, dengan Gracenote Nielsen memprediksi 123 medali, dengan 37 di antaranya adalah emas.

Ada trio atlet berusia 16 tahun yang akan berangkat ke Paris, dengan pesenam artistik Hezly Rivera sebagai atlet termuda. Atlet tertua adalah Peters yang berusia 59 tahun.

Perenang Katie Ledecky memimpin kontingen AS dengan 10 medali, termasuk tujuh emas dan tiga perak. Berikutnya dalam daftar adalah pesenam Simone Biles dan perenang Caeleb Dressel dengan masing-masing tujuh medali, sementara perenang Ryan Murphy memiliki enam medali.

Perincian negara bagian California memimpin dengan mengirimkan 120 atlet. Diikuti oleh Florida (42) dan Texas (41). Ada tiga atlet yang memiliki kampung halaman di luar negeri, yaitu Ian Barrows dari cabang layar yang berasal dari St. Thomas, Kepulauan Virgin AS; Maximilian Dietz dari Frankfurt, Jerman; dan Luca Cupido dari Santa Margherita Ligure, Italia.

Empat atlet masuk ke dalam kontingen AS untuk keempat kalinya. Daftar tersebut meliputi Brady Ellison (panahan), Gerek Meinhardt (anggar), Stu McNay (layar) dan Vincent Hancock (menembak).

Dari 592 atlet yang berangkat ke Paris, 75% di antaranya berkompetisi di tingkat perguruan tinggi.

Ada 15 tim yang seluruhnya terdiri dari para atlet yang bermain di perguruan tinggi. Ini berkaitan dengan bola basket putri, bola basket 3x3 putra dan putri, bola voli pantai, bola voli dalam ruangan putra dan putri, loncat indah, anggar, hoki lapangan putri, rugbi putri, pentathlon modern, polo air putra dan putri, dayung, dan triathlon.

Terlebih lagi, perwakilannya tersebar di semua divisi NCAA, bersama dengan perguruan tinggi junior dan program klub.

Team USA mengatakan bahwa setidaknya ada setengah lusin saudara kandung dalam daftar pemain. Mereka termasuk Annie dan Kerry Xu (bulu tangkis), Brooke dan Emma DeBerdine (hoki lapangan), Alex dan Aaron Shackell (renang), Gretchen dan Alex Walsh (renang), Juliette dan Isabella Whittaker (atletik), serta Chase dan Ryder Dodd (polo air).

Artikel Tag: olimpiade

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/as-kembali-kirim-lebih-banyak-atlet-putri-daripada-putra-ke-olimpiade
169  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini