Anthony Turgis Juarai Etape Ke-9 Tour de France, Pogacar Masih Di Puncak

Penulis: Hanif Rusli
Senin 08 Jul 2024, 10:28 WIB
Anthony Turgis (kiri) melakukan selebrasi setelah melewati garis finis merebut etape ke-9 Tour de France pada Minggu (6/7). (Foto: AFP)

Anthony Turgis (kiri) melakukan selebrasi setelah melewati garis finis merebut etape ke-9 Tour de France pada Minggu (6/7). (Foto: AFP)

Ligaolahraga.com -

Anthony Turgis dari Prancis keluar sebagai pemenang setelah berhasil melewati jalan berkerikil penuh debu untuk merebut etape kesembilan Tour de France pada hari Minggu (6/7).

Di belakang breakaway, pemimpin lomba Tadej Pogacar coba memanaskan balapan saat pertarungan antara para pesaing utama berkecamuk, namun tidak dapat mengejar waktu dari rival-rival utamanya untuk merebut jersey kuning.

Turgis, dari tim Total Energies, membukukan kemenangan terbesar dalam kariernya dalam sebuah sprint, dengan mengungguli Tom Pidcock dan Derek Gee di kota Champagne, Troyes.

Ini merupakan kemenangan etape ketiga Tour de France yang diraih oleh seorang pembalap Prancis sejak balapan dimulai pekan lalu.

"Luar biasa, sudah lama sekali saya tidak menang," kata Turgis. "Ini hari yang panjang, tim menaruh kepercayaan kepada saya dengan memberi saya kepercayaan diri hari ini. Saya mendedikasikan kemenangan ini untuk semua orang yang telah mempercayai saya."

Tidak ada perubahan besar di klasemen umum Tour de France, dengan Pogacar mempertahankan keunggulan 33 detik atas Remco Evenepoel. Juara bertahan dua kali Jonas Vingegaard tetap berada di posisi ketiga, terpaut 1:15 dari Pogacar.

Etape yang sulit ini membawa para pembalap menempuh perjalanan sejauh hampir 200 kilometer melalui 14 bagian yang disebut sebagai jalan putih - termasuk enam bagian di etape terakhir - yang telah menjadi ciri khas Strade Bianche di Italia.

Pogacar sangat menyukai medan yang sulit ini, karena ia telah memenangkan Strade Bianche dua kali, dan membuktikannya dengan serangkaian serangan tajam yang membuat para pesaingnya terdesak.

Primoz Roglic menderita namun berhasil menutup jarak setiap kali ia terjatuh dan mempertahankan posisi keempat secara keseluruhan, tertinggal 1:36 dari Pogacar.

Vingegaard menerapkan strategi konservatif dan tidak berkolaborasi dengan Pogacar dan Evenepoel ketika mereka memiliki kesempatan untuk melepaskan diri dari pesaing utama lainnya.

"Tentu saja saya akan mengingatnya," kata Pogacar. "Tapi setiap orang memiliki balapannya sendiri, saya tidak mempermasalahkannya. Saya suka membalap dengan hati dan itu adalah salah satu dari hari-hari itu."

Ketika ditanya apakah ia berpikir bahwa Vingegaard dan timnya takut padanya, Pogacar menjawab: "Saya pikir mereka takut pada saya dan mereka hanya mengikuti saya."

Peloton akan menikmati hari istirahat pertamanya pada hari Senin (8/7).

Tour de France memberikan penghormatan kepada pembalap Norwegia Andre Drege, yang meninggal pada hari Sabtu setelah jatuh di turunan di Tour of Austria.

Untuk mengenangnya, para pembalap sepeda dari tim Norwegia Uno-X Mobility tiba di garis start lima menit lebih cepat dari waktu yang ditentukan, sementara para peloton lainnya tetap berada di belakang untuk mengheningkan cipta.

Artikel Tag: Tour de France

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/anthony-turgis-juarai-etape-ke-9-tour-de-france-pogacar-masih-di-puncak
145  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini