Yamaha Tinggalkan Sirkuit Assen dengan Tangan Kosong

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 27 Jun 2022, 12:45 WIB
Yamaha, Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Keempat pengguna Yamaha YZR-M1 gagal menembus zona poin di MotoGP Belanda. Ini merupakan yang pertama bagi pabrikan asal Jepang itu sejak 1989 lalu.

Dua pabrikan ternama di MotoGP, Honda dan Yamaha, sama-sama tertimpa nasib sial dalam dua balapan beruntun, MotoGP Jerman dan MotoGP Belanda.

Di Sachsenring, tak ada satupun wakil Honda yang merebut poin. Sesuatu yang tidak pernah dialami pabrikan belogo sayap tunggal itu dalam 40 tahun terakhir. Tepatnya saat para pebalap Honda memboikot lomba kelas 500cc seri Prancis 1982 karena menilai Sirkuit Nogaro tidak aman untuk balapan.

Pada hari Minggu (26/6), giliran Yamaha yang harus pulang dengan tangan kosong. Ini menjadi kali pertama dialami pabrikan asal Iwata tersebut sejak 1989.

Pada Grand Prix of the Nations 1989, putaran kelima musim tersebut, tidak satu pun pengguna kuda besi YZR500 yang mampu finis 10 besar (zona poin saat itu) kelas 500cc di Circuito Internazionale Santa Monica, Misano, Italia.

Sejak saat itu, Yamaha selalu mencetak poin dalam 544 balapan kelas premier sampai MotoGP Belanda 2022.

Terlepas dari apa yang menjadi penyebab kegagalan pabrikan asal Jepang itu merebut poin di Sirkuit Assen akhir pekan lalu, momen tersebut tetap bakal masuk dalam sejarah buruk mereka.

Pasalnya, sejak kelas premier kejuaraan dunia balap motor berganti nama dan teknis dari 500cc menjadi MotoGP sejak 2002, baru kali ini motor YZR-M1 tidak mampu menembus zona poin.

Seusai balapan MotoGP Belanda, Fabio Quartararo mengakui bahwa dirinya telah melakukan kesalahan seperti seorang debutan.

Rekan setimnya di tim pabrikan, Franco Morbidelli, mundur dari perlombaan karena crash di lap kedelapan.

Masih di lap yang sama, Darryn Binder dari tim satelit RNF Racing mengalami selip dan terjatuh. Tademan Binder, Andrea Dovizioso, berhasil melewati garis finis, namun hanya berada di P16.

Artikel Tag: yamaha, MotoGP 2022, Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Andrea Dovizioso, Darryn Binder, motogp belanda

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/yamaha-tinggalkan-sirkuit-assen-dengan-tangan-kosong
668  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini