Valentino Rossi: Saya Sudah Berencana Pensiun Sejak 2019

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 23 Jan 2022, 20:50 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Eks pebalap MotoGP, Valentino Rossi, baru resmi pensiun pada akhir MotoGP 2021, namun ia mengaku sudah merencanakan hal tersebut sejak 2019 lalu.

Dalam wawancara dengan sebuah media, eks pebalap MotoGP, Valentino Rossi, mengungkapkan bahwa keputusannya untuk mengakhiri kariernya selama 26 tahun di ajang balap motor kelas dunia datang dari pemikiran yang panjang. Pria berjuluk The Doctor itu akhirnya memilih mundur dari MotoGP setelah meraih hasil buruk bersama tim satelit Yamaha, Petronas SRT, di musim 2021.

Rossi mengatakan bahwa pilihannya untuk gantung helm bukanlah sesuatu yang mudah untuk diputuskan. Sebab, juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut tidak pernah berpikir untuk hidup tanpa balapan motor.

“Saya selalu khawatir soal bagaimana karier saya akan berakhir. Saya tidak ingin berhenti, tetapi selama (pandemi) Covid-19 saya menghabiskan dua bulan tanpa mengendarai motor,” kata Rossi seperti dilansir dari Motosprint.

“Periode itu membantu saya memahami bahwa saya bisa bertahan tanpanya (balapan),” ia mengisahkan.

“Pertama kali saya berpikir untuk pensiun adalah pada 2019, musim di mana saya mulai punya masalah awal. Setelah Austin (GP Amerika) kami kembali ke Eropa dan saya kehilangan kecepatan. Lalu ada 2020, tahun yang aneh,” lanjutnya.

“Saya berpikir untuk finis di sana, tetapi semua orang mendorong saya untuk tidak pergi (dulu). Jadi saya (putuskan) tetap balapan pada musim 2021 juga,” tutur pria asal Italia tersebut.

Kendati keputusan tersebut tak memungkinkannya untuk pensiun saat berada di momen terbaik dalam kariernya, Valentino Rossi mengaku tidak menyesal. Ia justru merasa dirinya sudah mengambil langkah tepat.

“Sejak usia 4 tahun saya selalu membalap motor, tetapi sekarang hidup saya berubah total. Saya telah melihat banyak juara pensiun di puncak karier mereka, namun saya berbeda,” ia mengungkapkan.

“Saya melanjutkan karena saya menikmatinya dan saya tidak ingin punya penyesalan. Dalam beberapa race terakhir, saya menyadari apa yang telah saya bangun selama karier saya, sulit meninggalkannya,” imbuhnya.

“10 hari setelah (Grand Prix) Valencia saya merasa sangat sedih, namun saya telah membuat keputusan yang tepat (untuk berhenti),” tutup Rossi. 

Artikel Tag: Valentino Rossi, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/valentino-rossi-saya-sudah-berencana-pensiun-sejak-2019
594  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini