Valentino Rossi Jelaskan Makna Ritual Ajak Bicara Motor Sebelum Balapan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 01 Apr 2020, 09:15 WIB
Valentino Rossi Jelaskan Makna Ritual Ajak Bicara Motor Sebelum Balapan

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Valentino Rossi menjelaskan ritual yang biasa ia jalani sebelum balapan. Pebalap Monster Energy Yamaha ini pun juga mengaku percaya dengan takhayul.

Valentino Rossi memang dikenal sebagai salah satu rider MotoGP yang mempunya sejumlah ritual sebelum balapan. Bahkan Rossi pun mengaku percaya takhayul seperti yang ia tuliskan dalam buku otobiografi 'What If I Have Never Tried It' yang dirilis pada tahun 2005 lalu.

Ritual The Doctor yang terkenal yakni berjongkok di sebelah kanan motor untuk memegang footpeg dan lalu menaiki motornya untuk keluar dari pitlane.

Namun Rossi menjelaskan ada satu lagi ritual jongkok yang ia lakukan, yakni saat di grid sebelum balapan dimulai.

Bedanya, ritual berjongkok di grid adalah untuk mengajak motornya 'bicara'. Rossi kerap kali berjongkok sembari membawa botol minumnya, berbisik dan kadang membentur-benturkan pundak dengan ringan pada fairing motornya.

Rossi pun menjelaskan apa arti yang sebenarnya dari ritual di grid tersebut dalam wawancaranya dengan Sky Sport.

"Ketika saya berada di dekat motor, itu adalah ritual. Biasanya saya jongkok di sebelahnya," tutur rider berusia 41 tahun itu.

"Saya mencoba bicara dengannya [motor], menyemangatinya, bilang padanya bahwa pada saat start, hanya ada saya dan dia, dan kami harus coba naik podium. Saya bilang padanya bahwa ia harus membantu saya dalam momen sulit. Ia tak pernah menjawab, namun jika ia menjawab, saya takkan kaget,"tandas sang juara dunia sembilan kali tersebut.

"Saat berjongkok di sebelah motor, itulah momen terakhir saya, ketika saya harus memotong semua 'jembatan' dengan semua hal lain selain balapan, bahkan 'jembatan' dengan semua orang yang ada di grid saya. Setelahnya, saya hanya boleh memikirkan balapan," pungkasnya.

Perjalanan karier Valentino Rossi di MotoGP kini tengah meredup seiring bertambahnya usia. Rider yang sudah berkepala empat ini terakhir kali meraih podium tertinggi di MotoGP Belanda 2017 lalu. Musim ini juga berpotensi menjadi musim terakhirnya di ajang balap grand prix jika ia memilih pensiun di penghujung MotoGP 2020 nanti.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha

3694  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini