Tes Sepang Batal, MotoGP Sepakat Tak Ada Tes Pengganti

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 14 Jan 2021, 22:15 WIB
MotoGP Malaysia, Sirkuit Sepang

Sirkuit Sepang, Malaysia

Berita MotoGP: Dorna Sports, IRTA (asosiasi tim balap internasional), dan tim privat MotoGP telah sepakat untuk tidak memindahkan tes Sepang ke Jerez atau Portimao, dengan demikian tidak akan ada tes pengganti Sepang.

Sebelas tim MotoGP sejatinya telah berencana untuk menjalani tes pramusim di Jerez atau Portimao pada tanggal yang sama untuk menggantikan tes pramusim di Sepang yang telah dibatalkan.

Tim dijadwalkan menjalani balapan pada 14-16 Februari dan tes IRTA dari 19-21 Februari). Akan tetapi, perubahan rencana telah diputuskan dan akan dipresentasikan kepada tim pada konferensi virtual, Kamis (14/1/2021) waktu setempat.

Tes Sepang yang dibatalkan tidak bisa diganti, tetapi tes yang berlangsung tiga hari tersebut akan dipindahkan dari Malaysia ke Qatar.

Aprilia Racing jadi satu-satunya tim konsesi yang ikut serta dalam uji coba perombakan selain uji coba dari enam pabrikan. Aprilia juga ingin menentukan dalam dua tes Qatar apakah Bradley Smith atau Lorenzo Savadori yang akan menggantikan posisi Andrea Iannone yang telah dilarang balapan selama 4 tahun.

Seperti dilansir dari Speedweek, Dorna, IRTA dan asosiasi pabrikan MSMA mengemukakan alasan yang sah untuk mengambil keputusan ini. Pertama, material untuk tes Sepang telah dikirim ke Kuala Lumpur, dari Jepang dan Eropa, sebagian untuk menghemat biaya dengan angkutan laut, dan peti barang ini tidak dapat lagi dialihkan pada waktunya untuk Jerez atau Portimao.

Kedua, motor balap 2020 akan tetap dihomologasi untuk 2021 dengan pengembangan mesin yang dibekukan dari Maret 2020 hingga akhir 2021. Kompon dan konstruksi ban Michelin juga tetap tidak berubah. Dan ketiga, banyak negara terkunci, dalam beberapa kasus hingga akhir Februari, bepergian di Eropa, Asia, dan Timur Tengah menjadi jauh lebih sulit dengan peraturan karantina yang ketat.

Jika tim pabrikan dan tim independen setuju, para pebalap reguler hanya akan memiliki waktu tiga hari pengujian. Para rookie Jorge Martin, Enea Bastianini dan Luca Marini akan menjalani tiga hari pengujian tambahan selama tes perombakan.

Dengan persetujuan tim MotoGP, seluruh paket motor yang telah sampai di Malaysia sekarang akan dikirim melalui udara atau laut langsung ke Doha.

Rencana baru untuk tes musim dingin:

Kelas MotoGP

Tes shakedown di Losail, Qatar: 5 -7 Maret

Tes MotoGP IRTA di Losail Qatar: 10-12 Maret

Kelas Moto2 dan Moto3

Tes Jerez: 16-18 Maret

Artikel Tag: motogp, tes sepang

663  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini