Terinspirasi dari F1, Dorna Sports Wacanakan Race Kedua di Amerika Serikat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 10 Des 2023, 22:05 WIB
Dorna Sports, MotoGP Amerika Serikat

MotoGP Amerika Serikat 2023

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Dorna Sports melihat Amerika Serikat sebagai pasar yang potensial untuk menarik banyak penonton sehingga ingin mengadakan Grand Prix kedua di sana.

Seperti diketahui, hampir seluruh langkah-langkah strategis yang dilakukan pemasaran F1 sedang coba ditiru oleh Dorna Sports, promotor dari MotoGP. Salah satunya mereka meniru konsep Sprint Race yang lumayan berhasil menarik perhatian penonton.

Kini pihak promotor ingin melakukan hal lain yang serupa dengan F1, yang ekspansi besar-besaran ke wilayah Amerika Serikat. F1 sendiri melaksanakan hingga tiga race di Negeri Paman Sam, yakni GP Miami, GP Las Vegas, dan GP Amerika Serikat.

Masuknya eks eksekutif liga basket AS NBA, Dan Rossomondo, selaku Direktur Marketing MotoGP anyar adalah langkah awal yang diambil Dorna Sports. Pekan lalu mereka juga memperkenalkan Trackhouse Racing, tim balap asal AS yang hadir sebagai pengganti RNF Racing.

"Sayang sekali kami harus mengucap selamat tinggal kepada RNF, tapi mereka memang mengalami masalah finansial. Pada saat sama, kami menyambut tim baru, berbeda sekali dari sebelumnya," ujar CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, dilansir dari GridOto.com.

"Kami ingin membuka bagaimana cara berkembang di AS. Dengan hadirnya Rossomondo di Dorna, kami menemukan dinamika baru dan sekarang Trackhouse datang," imbuhnya.

Langkah selanjutnya yakni merancang Grand Prix kedua di kawasan Amerika Serikat, yang sekarang sedang dibahas secara intens oleh pihak manajemen kejuaraan.

"Pasar Amerika Serikat sangat penting bagi Dorna, begitu juga dengan lainnya," kata Ezpeleta.

Amerika Serikat diketahui pernah berjaya di dunia balap motor, dengan beberapa nama besar seperti Kevin Schwantz, Freddie Spencer, Wayne Rainey, Kenny Roberts, hingga Nicky Hayden. Penggemar MotoGP di sana juga sejak dahulu punya jumlah luar biasa, meskipun sejak era Hayden minatnya sedikit menurun.

"Orang Amerika harus selalu dekat dengan motor, dan itu misi kami, karena balapan sekali di Austin dan hilang dalam setahun rasanya tidak cukup," tutur Ezpeleta.

"Kami melihat F1 sebagai contoh, dan itu langkah yang benar. Dalam beberapa tahun kejuaraan ini punya pemenang asal Amerika, menurutku kami bisa mengulang nilai tersebut," ia mengakhiri.

Artikel Tag: MotoGP Amerika Serikat, f1, motogp, Trackhouse Racing, aprilia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/terinspirasi-dari-f1-dorna-sports-wacanakan-race-kedua-di-amerika-serikat
1102  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini