Tak Lagi Muda, KTM Belum Mau Cari Pengganti Mika Kallio

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 02 Jul 2021, 12:30 WIB
Mika Kallio

Mika Kallio

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Meski Mika Kallio sudah tak lagi berusia muda, KTM mengakui bahwa pihaknya belum berniat mencari pebalap lain untuk menggantikan perannya sebagai test rider.

KTM Factory Racing menjadi satu-satunya tim pabrikan di MotoGP yang memiliki dua orang full-time test rider, yakni Dani Pedrosa dan Mika Kallio. Namun Kallio kini sudah tak lagi muda dan bakal menginjak usia 39 tahun pada November mendatang.

Sebagai pebalap pengganti di KTM (2019 untuk Johann Zarco dan Iker Lecuona pada 2020), performanya juga tampak kurang memuaskan.

Cedera serius yang dialaminya di MotoGP Jerman 2018 yang diperparah dengan kecelakaan saat berlatih balap motor di atas es (ice speedway) kian menyulitkan posisi rider asal Finlandia itu.

Bukan hanya tak bisa membantu pengembangan motor RC16, runner-up kelas 125cc 2015 (di atas KTM) dan Moto2 2014 (Kalex) itu juga tidak bisa mengaspal di ajang MotoGP yang bakal digelar di kandangnya tahun ini.

Selain karena MotoGP Finlandia resmi dibatalkan karena pandemi Covid-19, KTM sebelumnya telah memutuskan untuk tak akan menurunkan Kallio dengan fasilitas wildcard di ajang balap kelas utama.

Sejatinya, pabrikan asal Austria itu sudah mencoret jatah wildcard untuk Mika Kallio seusai kecelakaan di MotoGP Jerman 2018. Mereka rupanya tak mau pebalapnya itu kembali mengalami kecelakaan.

Menariknya dalam kondisi seperti itu KTM tak mau mencari pebalap lain untuk menggantikan posisinya. Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, pun mengaku pihaknya masih ingin mempertahankan dua test rider mereka yang sudah tak lagi muda, Pedrosa dan Kallio.

“Untuk satu atau beberapa hal, kadang kami harus berpikir soal merekrut test rider yang lebih muda. Untuk saat ini, kami merasa sangat nyaman dengan mereka berdua,” ujar Beirer dilansir dari Motorsport.com.

“Selama ini, apa yang dikerjakan Mika sering berbeda dengan yang Dani Pedrosa lakukan. Tes kami tidak hanya soal kecepatan. Kami juga memiliki banyak pekerjaan mendasar yang penting,” imbuhnya.

“Sebut saja Anda harus menguji sasis secara utuh, peredam kejut (shock absorber) maupun suspensi garpu (fork suspension). Jadi, Mika masih memiliki tugas penting di sini. Demikian pula Dani,” ia menambahkan.

KTM sendiri sudah resmi memasukkan dua wildcard MotoGP untuk Dani Pedrosa musim ini. Juara dunia 125cc 2003 serta 250cc 2004 dan 2005 itu bakal tampil di MotoGP Styria pada 8 Agustus dan MotoGP San Marino pada 19 September.

Artikel Tag: Mika Kallio., ktm, Tech3, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/tak-lagi-muda-ktm-belum-mau-cari-pengganti-mika-kallio
1109  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini