Senggol Brad Binder di Mugello, Marc Marquez Akui Kesalahannya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 01 Jun 2021, 14:15 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Berita MotoGP: Marc Marquez, pebalap Repsol Honda, mengaku bersalah karena telah menjadi penyebab insiden tabrakan dengan Brad Binder di lap kedua balapan MotoGP Italia.

Marc Marquez mengalami akhir pekan yang sulit di Sirkuit Mugello karena ia berjuang melawan rasa sakit di bahu kanannya yang belum pulih sepenuhnya setelah mengalami cedera parah. Memulai balapan dari grid ke-11, Marquez mampu naik ke urutan ke-10. Sayangnya ia berkontak dengan Brad Binder pada lap kedua balapan dan terjatuh sehingga gagal mendapat poin. Pebalap asal Spanyol itu menilai senggolan tersebut adalah insiden yang disebabkan oleh dirinya.

"Saya menyentuh Binder. Itu adalah insiden balapan, tetapi jika ada yang harus disalahkan, itu saya. Saya datang dari belakang, saya mencoba untuk menyusulnya di tikungan 2. Kami berada di tikungan di mana beberapa pebalap jatuh dengan cara yang sama. Dia menutup di depan saya dan untungnya hanya saya yang jatuh," katanya kepada DAZN.

Meski mengalami insiden tabrakan, Binder tetap mampu melanjutkan balapan dan finis di urutan kelima.

"Untuk pertama kalinya, saya merasa berada dalam posisi yang lebih baik untuk menyerang daripada membela diri. Tentunya balapan akan panjang, tetapi kami telah mengambil langkah maju akhir pekan ini," ujar Marquez.

"Saya memahami beberapa hal dan hal baiknya adalah minggu depan kami balapan lagi. Saya akan lebih segar karena saya tidak menyelesaikan balapan hari ini. Kami harus terus bekerja di pit dengan tim saya," ucap pebalap berusia 28 tahun tersebut,” ia melanjutkan.

Sementara itu, Binder mengatakan bahwa kontak dengan Marquez pada balapan MotoGP Italia membuat ia harus mengatur kantong udara miliknya. Pebalap Red Bull KTM Factory itu berjuang untuk bernapas di tas motor selama satu putaran, sementara udaranya menghilang.

"Di pangkuan saya menuju grid, saya menyelipkan bagian depan di tikungan ketiga terakhir dan saya hampir jatuh. Saya sangat beruntung ketika saya menabrak trotoar dan berhasil menyelamatkan diri," aku Binder.

"Secara umum itu sedikit lebih sulit daripada yang saya inginkan. Saya tidak mendapatkan awal yang terbaik. Ketika Marc naik ke sisi saya, airbag saya meledak dan saya naik dengan airbag saya selama satu putaran penuh. Semua orang tahu airbag membuat Anda hampir tidak bisa bernapas dan Anda tidak bisa banyak bergerak di atas motor. Sangat sulit, jadi saya kehilangan banyak waktu di sana,” jelas pebalap asal Afrika Selatan itu.

Sementara itu, Franco Morbidelli ikut terdampak dengan insiden tersebut dan balapannya seketika hancur karena terpaksa keluar jalur untuk menghindari motor Marc Marquez.

"Saya mengalami insiden yang tidak menguntungkan di belakang Marc untuk menghindari motornya. Saya harus lurus di tikungan 3 dan saya kehilangan kesempatan untuk tetap bersama tim untuk beberapa lap lagi," tutur Morbidelli.

Seri balap MotoGP akan berlanjut di Montmelo dan dijadwalkan berlangsung pada 4-6 Juni di Circuit de Barcelona-Catalunya.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing, MotoGP 2021, motogp italia

546  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini