Pemilik F1 Mengonfirmasi Akuisisi MotoGP Senilai 4,2 Miliar Euro

Penulis: Senja Hanan
Senin 01 Apr 2024, 18:34 WIB
Pemilik F1 Mengonfirmasi Akuisisi MotoGP Senilai 4,2 Miliar Euro

Pemilik F1 Mengonfirmasi Akuisisi MotoGP Senilai 4,2 Miliar Euro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Liberty Media, pemilik F1, telah mengonfirmasi akuisisi MotoGP senilai 4,2 miliar Euro.

Kesepakatan ini akan selesai pada akhir tahun 2024 dan masih harus menunggu izin dan persetujuan dari otoritas hukum persaingan usaha dan penanaman modal asing di berbagai yurisdiksi.

Langkah menakjubkan ini akan menyatukan seri motorsport roda dua terkemuka dunia dengan seri roda empat terbaik dunia. Berdasarkan ketentuan akuisisi MotoGP oleh Liberty Media, Dorna (yang sebelumnya merupakan pemegang hak MotoGP), akan tetap menjadi perusahaan yang dijalankan secara independen.

Dorna akan menjadi bagian dari tracking stock Grup Formula Satu Liberty Media. Carmelo Ezpeleta akan tetap menjadi CEO Dorna. Ezpeleta dan timnya akan terus menjalankan bisnisnya. Bisnis ini akan terus berbasis di Madrid.

Liberty Media, pemilik F1, telah mengakuisisi 86% saham Dorna. Manajemen Dorna mempertahankan 14% bisnisnya. Greg Maffei, Presiden dan CEO Liberty Media, mengatakan: "Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP."

“MotoGP adalah liga global dengan basis penggemar setia dan antusias, balapan menawan, dan profil finansial yang menghasilkan arus kas tinggi." Carmelo dan tim manajemennya telah membangun tontonan olahraga hebat yang dapat kami kembangkan ke khalayak global yang lebih luas."

“Bisnis ini memiliki keuntungan yang signifikan, dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami.”

Liberty Media, yang mengambil alih F1 pada tahun 2016, telah menerima pujian besar karena meningkatkan popularitas olahraga tersebut.

Artikel Tag: Liberty Media, motogp, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pemilik-f1-mengonfirmasi-akuisisi-motogp-senilai-42-miliar-euro
2073  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini