Misteri Valentino Rossi Memilih Nomor 46 Akhirnya Terkuak

Penulis: Rheza Hendrian
Kamis 25 Apr 2019, 17:36 WIB
Misteri Valentino Rossi Memilih Nomor 46 Akhirnya Terkuak

Valentino Rossi / via Istimewa

Berita MotoGP: Nomor 46 dengan Valentino Rossi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Sejak memulai karier balapan MotoGP di kelas 125cc pada tahun 1996, pebalap asal Italia tersebut sudah memakai nomor ikonik tersebut di motornya.

Sampai saat ini, tercatat Rossi belum pernah satu kali pun mengganti nomornya. Hal ini berbeda dengan para pebalap lain yang akan berganti nomor menjadi nomor 1 apabila sukses merengkuh gelar juara dunia.

Bicara soal nomor 46, juara dunia MotoGP 9 kali itu pun menjelaskan secara rinci alasannya memakai nomor 'keramat' tersebut.

Lewat otobiografinya yang berjudul: Valentino Rossi, "What If I Had Never Tried It," ia mengaku bahwa dirinya sudah menggunakan nomor 46 itu sejak ia mengikuti balapan minibike.

"Saat itu saya satu tim dengan dua orang teman, yakni Marco dan Maurizio Pagano yang datang dari Gateo a Mare," ungkap Valentino Rossi.

"Mereka adalah dua bersaudara yang dengan baik hati mau meminjamkan motor Aprilia 125cc kepada saya. Motor itu saya gunakan untuk mengawali karier di Misano, Italia."

"Kami bertiga kebetulan memakai nomor yang sama [46], karena kami berlaga di tiga kategori balapan yang berbeda."

Ternyata, alasan mereka bertiga memakai nomor 46 karena takjub melihat aksi pebalap Jepang yang mengenakan nomor tersebut.

"Suatu hari kami sangat takjub ketika melihat aksi seorang pebalap di Grand Prix Jepang," ujar Rossi menambahkan.

"Pebalap itu cukup hebat karena melakukan manuver-manuver yang mendebarkan, dan bahkan cenderung berani. Kebetulan, ia memakai nomor 46 saat itu.

"Sejak itulah saya mulai memakai nomor 46, yang tetap saya pertahankan hingga kini," terang pebalap berusia 40 tahun itu.

Saat Rossi berhasil meraih gelar juara dunia, ia sempat ditawari untuk mengganti nomor motornya tersebut.

Namun, pebalap dengan julukan 'The Doctor' itu menolak karena ia ingin mengingat ayahnya lewat nomor 46 tersebut.

Perlu diketahui bahwa nomor 46 juga dikenakan oleh ayahnya, Graziano Rossi, saat menjuarai GP Morbidelli 250cc tahun 1979.

"Itu tahun yang sama saat saya dilahirkan. Untuk itulah saya memutuskan untuk memakai nomor tersebut," beber Rossi.

Rossi menganggap bahwa nomor 46 merupakan simbol kariernya selama ini dan juga telah menjadi bagian dari hidup sang legenda balap MotoGP ini.

"Nomor ini sungguh melambangkan perjalanan hidupku yang luar biasa," tutup pebalap yang membesut tim Yamaha Monster Energy itu.

Artikel Tag: yamaha, Valentino Rossi, motogp

5210  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini