Marc Marquez: MotoGP Perlu Mengurangi Aerodinamis

Penulis: Senja Hanan
Kamis 29 Feb 2024, 22:26 WIB
Marc Marquez: MotoGP Perlu Mengurangi Aerodinamis

Marc Marquez: MotoGP Perlu Mengurangi Aerodinamis

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Marc Marquez mendukung rencana MotoGP untuk mengurangi aerodinamis selama siklus kontrak berikutnya dengan pabrikan.

Juara dunia delapan kali itu tidak pernah menyembunyikan ketidaksukaannya terhadap perangkat aero, meski di masa lalu banyak yang mengatakan dia mungkin akan merasakan hal yang berbeda jika mengendarai salah satu motor dengan keunggulan aero. Hal itulah yang terjadi sekarang, setelah beralih dari Repsol Honda ke Gresini Ducati, namun pendirian pebalap Spanyol itu tetap tidak berubah.

Ditanya tentang usulan upaya untuk memperlambat kinerja sepeda motor untuk serangkaian peraturan teknis berikutnya, mulai tahun 2027, Marquez mengatakan:

“Bagi saya, hal pertama yang perlu kami lakukan adalah mengurangi aerodinamis. Untuk masa depan MotoGP – saya tidak tahu apakah saya akan berada di sini – tetapi dalam dua tahun, tiga tahun, empat tahun, kami perlu mengurangi aerodinamika.

“Ini akan membuat sepeda menjadi lebih lambat. Karena sekarang kami menggunakan torsi besar karena tidak ada wheelie. Dan kami mengerem sangat terlambat. Anda hanya perlu mengikuti garis, Anda tidak bisa melawan motornya. Dan lebih sulit menyalip pebalap lain."

“Jadi, pertama-tama yang perlu kita lakukan adalah mengusahakannya. Lalu, jika sepedanya lebih lambat, pertunjukannya akan lebih baik. Mengapa? Karena orang-orang yang menonton di TV tidak menyadari jika Anda berkendara dengan kecepatan 360km/jam atau 340km/jam. Ini masih lebih dari 300!"

“Tetapi mereka perlu memperbaiki peraturan karena sekarang semakin banyak [aero] dan kita melihat tahun ini - semua pabrikan, tidak hanya satu - motornya terlihat seperti Formula 1. Dengan sayap belakang, tidak hanya bagian depan, menciptakan downforce di sudut-sudut dengan perbankan penuh," tambahnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, Aerodinamis, motogp

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/marc-marquez-motogp-perlu-mengurangi-aerodinamis
1843  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini