Kepala Kru Quartararo Berharap Ridernya Tak Dihukum di Seri Perdana

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 12 Jul 2020, 23:15 WIB
Kepala Kru Quartararo Berharap Ridernya Tak Dihukum di Seri Perdana

Fabio Quartararo, tim Petronas Yamaha SRT.

Berita MotoGP: Kepala kru Fabio Quartararo, Diego Gubellini, beraharap sang ridernya tak dijatuhi hukuman di MotoGP Jerez usai diduga melanggar regulasi teknis latihan dan uji coba yang telah ditetapkan FIM.

Jelang bergulirnya kembali kompetisi MotoGP 2020, banyak rider yang memilih berlatih di atas motor superbike dengan spek standar jalanan. Sebab latihan dengan motor spesifikasi balapan merupakan hal yang ilegal dan dilarang.

Akan tetapi, FIM menduga ada dua rider berlatih dengan motor yang terlalu mirip dengan motor spek balap. Jika terbukti begitu, sesi latihan mereka dianggap sebagai tes ilegal.

Pada 2 Juni, FIM mengungkapkan bahwa akan menginvestigasi pelanggaran aturan latihan oleh dua rider dari MotoGP, Moto2, atau Moto3. Namun FIM tak merilis nama yang dicurigai bersalah, Quartararo dan Sergio Garcia (Estrella Galicia 0,0 Moto3) pun diduga melakukan pelanggaran.

Quartararo langsung jadi sorotan usai berlatih dengan superbike YZF-R1 yang disediakan Techsolutions di Sirkuit Paul Ricard, 18-19 Juni.

Meskipun rider Yamaha lain, yakni Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli juga berlatih dengan motor yang sama di Jerez, Misano, dan Mugello. Namun, R1 yang dipakai Quartararo dinilai terlalu mirip dengan motor superbike spek balap.

El Diablo diduga menggunakan rem karbon dan elektronik balap kejuaraan superbike, yakni dua hal yang dilarang oleh regulasi FIM untuk dipakai saat latihan.

Sementara itu, Gubellini yang merupakan kepala kru Quartararo berharap sang pebalap tak dijatuhi hukuman.

"Saya tak mau bicara detail, karena ini urusan manajer tim. Jelas ada regulasi yang harus dihormati, tapi saya hanya tahu apa yang terjadi berdasarkan apa yang saya baca di internet. Saya sendiri juga tak menghadiri uji coba tertutup itu," tutur Gubellini kepada Corsedimoto.

Kecurigaan ini kabarnya dilaporkan oleh salah satu tim rival Quartararo, yang yakin melihat beberapa perangkat yang tak sesuai dengan regulasi FIM.

Namun tampaknya Quartararo takkan dihukum berat. Sebab, Sirkuit Paul Ricard bukan sirkuit yang aktif dipakai MotoGP, dan YZF-R1 sangat berbeda dari YZR-M1.

"Fabio mempublikasi foto-fotonya di media sosial, jadi meski ada pelanggaran, ia tak punya niatan buruk. Jika memang ia melanggar sesuatu, memang tepat jika ada tindakan tegas. Tapi semoga ia tak dihukum," pungkasnya.

Artikel Tag: Kepala kru Fabio Quartararo, Diego Gubellini, beraharap sang ridernya tak dijatuhi hukuman di Mo

1203  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini