Kawasaki Bantah Berminat Gantikan Suzuki di MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 27 Mei 2022, 09:45 WIB
Kawasaki, Jonathan Rea

Jonathan Rea

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Kawasaki Racing Team, Guim Roda, membantah rumor yang mengatakan bahwa pihaknya tertarik untuk mengisi slot kosong yang ditinggalkan Suzuki di MotoGP.

Rencana Suzuki untuk meninggalkan kejuaraan MotoGP telah memunculkan beragam spekulasi soal siapa yang bakal menggantikan mereka. Sejumlah pabrikan seperti Aprilia dan Yamaha pun diisukan tertarik membentuk tim satelit untuk mengisi slot kosong.

Namun, ada satu pabrikan yang dirasa mampu menjadi pengganti Suzuki, yakni Kawasaki. Sebab, pabrikan asal Jepang itu telah berpengalaman mentas di ajang World Superbike (WSBK) dengan menyabet delapan gelar juara dunia.

Selain itu, mereka juga pernah berkompetisi di MotoGP meski pada 2009 lalu mereka memilih angkat kaki karena alasan finansial. Lalu, rider andalan Kawasaki, Jonathan Rea, juga sempat menyatakan minatnya untuk berkompetisi dengan para pebalap MotoGP.

Sayangnya, rumor soal turunnya pabrikan tersebut di MotoGP sepertinya tidak akan terwujud. Sebab, Manajer Kawasaki Racing Team (KRT), Guim Roda, pihaknya masih belum berminat untuk kembali ke kejuaraan kelas premier dalam waktu dekat.

Penyebabnya, balapan di WSBK dirasa lebih menguntungkan dari segi finansial. Pasalnya sepeda komersil yang mereka pakai dapat dibeli oleh masyarakat umum.

“Nilai jual dari paparan media yang dihasilkan WSBK sangat bagus dan itu menunjukkan kualitas merk kami. Di KRT, kami merasa itu membantu menjual banyak model motor lainnya, bukan hanya Ninja,” kata Roda dilansir dari Crash.

“Secara teknis, di WSBK kami menggunakan model produksi massal, lebih logis untuk balapan dengan cara ini bagi kami daripada membuat sasis, mesin, atau aerodinamika baru setiap tahun seperti di MotoGP,” imbuhnya.

“Kami lebih mudah mengelola sumber daya internal yang menghubungkan dengan R&D dan produksi massal sepeda motor jalanan daripada mencoba membuat pertunjukan balap dengan motor yang tidak dapat dibeli oleh pelanggan untuk digunakan di jalan,” ia melanjutkan.

Dengan begitu, sudah dipastikan bahwa pabrikan tersebut tidak akan mengisi tempat kosong yang tinggalkan Suzuki di MotoGP 2023.

Artikel Tag: Kawasaki, Suzuki, WSBK 2022, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/kawasaki-bantah-berminat-gantikan-suzuki-di-motogp
640  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini