Joan Mir Tetap Gunakan Nomor 36 di MotoGP 2021

Penulis: Akmal Saputra
Sabtu 13 Feb 2021, 16:00 WIB
Joan Mir akan tetap gunakan nomor 36

Joan Mir via GettyImages

Berita MotoGP: Juara dunia MotoGP, Joan Mir mengkonfirmasi bahwa dirinya tidak akan menggunakan nomor motor 1 pada musim 2021. Pembalap Spanyol itu tetap akan menggunakan nomor 36 pada motornya.

Hal yang dilakukan Mir seperti halnya juga dilakukan beberapa pembalap lain seperti Marc Marquez (93) dan Valentino Rossi (46) yang selalu mempertahankan nomor balapan mereka yang biasa selama mempertahankan gelar. Nomor 1 sebenarnya menjadi nomor kehormatan bagi pembalap yang menjadi juara bertahan.

Penggunaan nomor 1 terakhir terlihat saat pembalap Australia Casey Stoner mengendara Repsol Honda pada 2012. Selain itu nomor 1 juga muncul pada musim 2007 oleh Nicky Hayden, 2008 serta 2012 oleh Casey Stoner, dan 2011 oleh Jorge Lorenzo.

Sedangkan untuk Suzuki, nomor 1 terakhir kali digunakan pada 2001 oleh Kenny Robert Jr di Telefonica Movistar Suzuki di kelas 500 cc. Sejak saat itu, tim yang berpusat di Jepang itu tak sekalipun meraih juara sebelum Mir mendapatkannya di 2020. Hingga saat ini memang tidak ada pebalap di era MotoGP yang berhasil mempertahankan gelar dengan menggunakan nomor 1.

"Nomornya akan sama seperti biasanya, yang setia, 36. Saya pikir akan sangat luar biasa menggunakan 1, pengalaman unik dan mimpi," kata Mir seperti dilansir dari Crash.net.

  "Tapi saya percaya bahwa 36 adalah angka yang telah saya kerjakan dengan keras dan itu telah membawa saya ke posisi saya sekarang, memenangkan dua kejuaraan dunia (MotoGP dan Moto3)," tambahnya.

Tetap memilih nomor 36 bukan yang pertama kali dilakukan oleh pembalap 23 tahun itu. Pada saat juara dunia Moto3 dia juga melakukan hal yang sama dengan mempertahankan nomornya.

"Ini tidak berarti jika aku terjadi lagi, aku tidak akan memilih 1. Tapi untuk saat ini, itu 36. Angka yang mewakili kerja keras dan paling cocok untukku," pungkasnya.

Artikel Tag: Suzuki MotoGP, Suzuki Ecstar, MotoGP 2021, joan mir

595  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini