Gaya Balap Beda Jauh, Lorenzo dan Marquez Bagaikan Siang dan Malam

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 14 Mar 2019, 22:38 WIB
Gaya Balap Beda Jauh, Lorenzo dan Marquez Bagaikan Siang dan Malam

Duet Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo

Berita MotoGP: Duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo meraih hasil yang jauh berbeda kala balapan di MotoGP Qatar akhir pekan lalu. Bahkan gaya balap keduanya bagaiakan siang dan malam.

Diperkuat dua pebalap juara dunia MotoGP membuat Honda dijuluki sebagai “Dream Team” di grid balapan kelas premier tersebut. Duel antara rekan setim tersebut menjadi yang paling dinantikan di musim ini.

Namun sayangnya, keduanya bahkan sama sekali tak pernah bertarung di lintasan pada balapan kemarin lantaran jarak yang masih terpaut jauh.

Hal ini tak lain dikarenakan cedera yang membekap Lorenzo, hingga ia belum bisa tampil maksimal dalam menyesuaikan gaya balapnya dengan RC213V.

Dibandingkan dengan Marquez yang memasuki tahun ketujuhnya di Honda, ketertinggalan Lorenzo bisa dibilang tak terlalu jauh. Hanya saja, kedua pebalap tersebut ternyata punya gaya yang sangat jauh berbeda, bahkan hingga setup motor mereka juga berbeda jauh.

"Kami seperti siang dan malam. Saya berkendara dengan satu cara, dan ia berkendara dengan cara yang benar-benar sebaliknya. Saya agresif dan ia sangat halus. Jadi saya sangat cepat di beberapa tikungan, dan ia sangat cepat di tikungan lain,” ujar Marquez dilansir dari Motorsport Magazine.

“Kini saatnya memahami situasi. Ia akan lihat data saya, dan saya akan lihat datanya. Bagi kami ini menarik."

Lorenzo juga memberikan pernyataan senada dengan rekan setimnya tersebut. Ia yakin keduanya punya caranya masing-masing untuk memacu motor Honda RC213V. H

"Saya sepakat bahwa Marc dan saya seperti siang dan malam, atau matahari dan bulan. Kami tak bisa berkendara dengan setup yang sama. Kami harus berkendara dengan setup yang sungguh-sungguh berbeda. Ia tak bisa cepat dengan motor saya, dan saya tak bisa cepat dengan motornya," ujar Lorenzo.

Di lain sisi, justru pebalap tim satelit, LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow yang memiliki gaya balap cukup mirip dengan Marquez. Memang sejak 2015 kedua rider ini kerap menggunakan setup serupa, begitu juga dengan berbagai perangkat lain, termasuk ban. Alhasil Crutchlow pun sukses finis ketiga, di belakang Marquez yang finis kedua pada balapan akhir pekan lalu.

Artikel Tag: Marc Marquez, MotoGP 2019, Honda, Jorge Lorenzo

5225  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini