Fabio Quartararo Harus Parkir Motor Selama 20 Menit di FP1

Penulis: Akmal Saputra
Jumat 17 Jul 2020, 11:30 WIB
Fabio Quartararo Harus Parkir Motor Selama 20 Menit di FP1

Fabio Quartararo mendapatkan penalti selama 20 menit di FP1. Crash

Fabio Quartararo harus memarkirkan motornya di 20 menit pertama di sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGp Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez yang akan digelar Jumat waktu setempat. Keputusan tersebut diambil karena Quartararo dianggap menyalahi aturan MotoGp untuk tes tertutup yang telah dilaksanakannya di Prancis, 18-19 Juni lalu. 

Pembalap asal Prancis tersebut dianggap menyalahi aturan terkait penggunaan motor modifikasi saat ter tertutup. Sepeda motor R1 yang digunakan oleh Quartararo di tes tertutup tersebut dianggap telah dimodifikasi dengan menggunakan suku cadang yang tidak diizinkan.

Pelaksanaan tes tertutup sendiri memang diperbolehkan oleh pihak MotoGp selama memberikan laporan ke Direktur Teknis Moto Gp dan pembalap tidak bolehkan menunggangi motor yang spesifikasinya mirip dengan yang akan ditunggangi di balapan resmi MotoGp.

Sejatinya, setiap pembalap akan mendapatkan jatah waktu selama 45 menit saat FP1, namun dengan keputusan ini, Quartararo hanya dapat mengikuti FP1 selama 20 menit.

Dikutip dari Crash, sampai saat ini belum diketahui dengan pasti bagian apa yang dipakai oleh Quartaro yang dianggap menyalahi aturan. Pihak dari Quartararo sendiri telah mengajukan banding terkait putusan dari FIM.

"Banding telah diajukan atas keputusan Steward FIM MotoGp pada 15 Juli 2020 yang diberitahukan kepada tim tentang Fabio Quartararo pada 15 Juli 2020 pukul 11.55 yang menurutnya pebalap Fabio Quartararo diketahui berlatih di Sirkuit Paul Richard dengan spesifikasi motor yang tidak sesuai dengan Art. 1.15.1 peraturan Grand Prix kejuaraan Dunia FIM," kata FIM dikutip dari Crash.

Audiensi juga telah diadakan dengan Steward MotoGP untuk mendapatkan informasi berikut, yakni pemberitahuan keputusan Steward MotoGP, penjelasan dasar keputusan mereka yang diambil dari video ditambah dengan konfirmasi dengan pembalap dan manajer dari Quartararo terkait penggunaan motor tersebut.

Selanjutnya, audiensi diadakan dengan melibatkan perwakilan dan pembalap dari tim Yamaha Petronas tersebut. Dalam audiensi tersebut juga didapatkan informasi bahwa pembalap dan perwakilan tim menjelaskan bahwa ini adalah kesalahan dari pihak mereka dan dilakukan dengan tidak sengaja apalagi mendapatkan keuntungan tertentu. Tim yang datang mengkonfirmasi fakta yang disampaikan dan meminta keringanan hukuman.

Tapi permintaan dari tim Quartararo tidak dikabulkan dan menyatakan hukuman yang sama yang telah diberikan sebelumnya, yakni Fabio Quartararo harus mendapatkan penalti selama 20 menit pertama di FP1.

Artikel Tag: Motog GP, jerez, Fabio Quartararo, MotoGP 202o, FP1

1301  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini