Enea Bastianini Jelaskan Tolak Penalti di MotoGP Catalunya

Penulis: Senja Hanan
Senin 27 Mei 2024, 14:22 WIB
Enea Bastianini Jelaskan Tolak Penalti di MotoGP Catalunya

Enea Bastianini Jelaskan Tolak Penalti di MotoGP Catalunya

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Enea Bastianini menyelesaikan balapan MotoGP Catalunya dengan catatan lap panjang yang belum terlayani, mengakibatkan FIM Steward menerapkan penalti waktu pasca-balapan 32 detik.

Diasumsikan pebalap pabrikan Ducati itu tidak melihat penalti putaran panjang awal, yang diberikan 'karena jalan pintas di Tikungan 2'. Namun ia kemudian juga 'melewatkan' pesan double long lap tersebut, karena gagal mematuhi penalti sebelumnya. Dan juga penalti ride-through, karena gagal melakukan servis double long lap. Penalti waktu berikutnya setara dengan ride-through.

Pebalap asal Italia itu mengungkapkan tidak ada kebingungan mengenai komunikasi penalti. Sebaliknya, dia bersikeras bahwa keputusannya salah dan memilih untuk mengabaikannya.

“[Pesan] dasbornya sangat jelas! Tapi saya tidak setuju dengan dashboardnya!” Enea Bastianini tersenyum.

Tim Ducati juga secara terbuka mendukung tindakan Bastianini dan bukti video klaim #23 selama pertemuan pasca-balapan dengan Race Direction mendukung kasusnya. Bastianini menjelaskan, ia terpaksa melebar di Tikungan 1 saat bertarung ketat dengan Alex Marquez. Dia kemudian (ironisnya) melewati jalur penalti putaran panjang sebelum kembali bergabung dengan trek.

Alasan resmi penalti pertama Bastianini adalah 'pengendara yang memotong lintasan dalam balapan harus lebih lambat setidaknya 1 detik di sektor tersebut dibandingkan waktu normal rata-rata'. Mengesampingkan tindakan Marquez, yang menurut Bastianini layak mendapat penalti bagi pebalap Gresini itu, dan menegaskan bahwa ia tidak punya pilihan selain kabur, pembalap Italia itu menegaskan ia kehilangan lebih dari satu detik.

“Saya menyalip Alex di lintasan lurus dan ketika kami menginjak rem, saya mengerem sangat, sangat terlambat, tetapi dia mengerem lebih lambat dari saya dan mendorong saya keluar di tepi jalan,” kata Bastianini.

"Satu-satunya solusi adalah dengan memotong chicane. Dan juga saya kehilangan waktu karena mengikuti garis long lap. Saya menunggu 'posisi drop' [penalti] untuk Alex tetapi setelah tiba, penalti putaran panjang… untuk saya! Saya tidak setuju dan memutuskan untuk melanjutkan tanpa melakukan long lap."

“Saya tahu ini bukan pilihan yang tepat, tapi kami harus melakukan sesuatu karena tidak ada perubahan. Setiap balapan selalu ada sesuatu yang perlu dijelaskan kepada [Stewards] dan itu tidak benar bagi saya," tambahnya.

Artikel Tag: motogp catalunya, Enea Bastianini, Ducati

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/enea-bastianini-jelaskan-tolak-penalti-di-motogp-catalunya
606  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini