Dominasi Rider Spanyol Di Catalunya Masih Belum Bisa Saingi Rossi

Penulis: Robin
Rabu 10 Jun 2015, 16:44 WIB
Dominasi Rider Spanyol Di Catalunya Masih Belum Bisa Saingi Rossi

Dominasi Rider Spanyol Di Catalunya Masih Belum Bisa Saingi Rossi

Ligaolahraga.com -

Beberapa musim terakhir, Sirkuit Catalunya masih dikuasai oleh rider-rider asal Spanyol. Kemenangan rider-rider Spanyol ini tetap bertahan hingga beberapa waktu silam, meski tidak bisa menyaingi kehebatan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Rossi hingga saat ini masih bertahan di posisinya di puncak klasmen sementara.

Meski pada perlombaan GP Itali di sirkuit Mugello, Rossi tidak keluar sebagai juara ia tetap menjadi pemimpin puncak klasmen. Pada saat membalap di Mugello ia hanya berhasil finis di urutan ketiga saja, tetapi ia merasa bangga dengan performanya tersebut.


Sementara rekannya, Jorge Lorenzo saat ini berhasil memegang peringkat pertama perlombaan. Namun poin yang ia dapatkan belum cukup untuk mengungguli Rossi di klasmen sementara. Tetapi melalui catatan karirnya selama di Catalunya, Lorenzo sudah empat kali menang di sirkuit tersebut dengan tiga diantaranya di kelas MotoGP.


Tiga kemenangan Lorenzo di Catalunya tersebut ia torehkan pada lima musim terakhir. Hal tersebut membuatnya menjadi pembalap yang mendominasi sirkuit Catalunya selama tiga musim terakhir. Namun di kelas Moto2 2012, Andrea Iannoe lah yang berhasil mencuri kemenangan di Catalunya.


Selain perjalanan beberapa rider tersebut, adapula data dan fakta menarik mengenai balapan di akhir pekan ini seperti :


  • Pada tahun 2013 dan 2014, rider Spanyol berhasil merebut kemenangan di tiga kelas GP Catalunya. Andrea Iannoe rider non-Spanyol terakhir yang meraoh kemenangan tersebut di akelas Moto2 2012.
  • Kemenangan terakhir Suzuki dalam ajang GP di sirkuit Catalunya adalah pada tahun 2000. Kenny Roberts memenangi balapan tersebut di kelas 500cc. Sejak era MotoGP pada tahun 2002, hasil terbaik yang diperoleh rider Suzuki hanya sampai di posisi empat saja.
  • Valentino Rossi merupakan rider tersukses di seluruh kelas di Catalunya dengan sembilan kemenangan (1 x 125cc, 2 x 250cc, 1 x 500cc, 5 x MotoGP). Yang tersukses berikutnya, dengan masing-masing empat kemenangan diraih oleh rekannya Jorge Lorez dengan catatan (1 x 250cc, 3 x MotoGP). Dan Max Baggi (4 x 250cc).
  • Dan yang terakhir adalah hanya dua rider saja yang sudah memenangi MotoGP Catalunya dengan perolehan pole position yaitu Valentino Rossi di 2006 dan Jorge Lorenzo di 2010.
Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dominasi-rider-spanyol-di-catalunya-masih-belum-bisa-saingi-rossi
730  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini