Dianggap Insiden Balap, FIM Tak Hukum Takaaki Nakagami

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 09 Jun 2022, 18:15 WIB
Takaaki Nakagami, Alex Rins

Takaaki Nakagami dan Alex Rins saat kecelakaan di MotoGP Catalunya 2022

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: FIM menjelaskan bahwa kecelakaan mengerikan di MotoGP Catalunya akhir pekan lalu bukan disebabkan oleh keteledoran yang dilakukan Takaaki Nakagami.

Dalam beberapa hari terakhir, semua orang membicarakan kecelakaan hebat yang terjadi di Tikungan 1 lap pertama seri MotoGP Catalunya. Tiga pebalap yang terlibat yakni Takaaki Nakagami, Francesco Bagnaia, dan Alex Rins.

Insiden tersebut berdampak sangat serius bukan hanya untuk pebalap yang terlibat, tetapi juga sorotan terhadap kinerja Race Direction dan Steward MotoGP.

Takaaki Nakagami disebut ceroboh dan terlalu berambisi untuk merangsek ke posisi depan sehingga melakukan manuver agresif. Rins dan Bagnaia, korban utama dari kecelakaan tersebut, lantas mengkritik keras kinerja Race Direction yang enggan menjatuhkan hukuman pada Nakagami.

Bahkan, pebalap yang tidak ikut terseret dalam kecelakaan, seperti Fabio Quartararo, juga mengkritik rider LCR Honda itu.

Lewat akun media sosial pribadinya, Nakagami yang kini masih dirawat di rumah sakit meminta maaf kepada Rins dan Bagnaia karena telah menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

Semua pihak lantas mempertanyakan alasan FIM untuk tidak menjatuhkan sanksi terhadap Nakagami pria berusia 30 tahun tersebut.

FIM sebagai Federasi Sepeda Motor Internasional tertinggi di dunia dan regulator Kejuaraan Dunia Balap Motor, akhirnya angkat bicara dengan mengeluarkan pernyataan resmi.

Menurut Panel Steward MotoGP FIM yang diketuai oleh Freddie Spencer, Takaaki Nakagami sejatinya mengerem pada waktu yang sama dengan Francesco Bagnaia dan Alex Rins. Namun ia terjatuh karena kehilangan kontrol pada bagian depan motor Honda RC213V.

Jadi, FIM merasa tidak ada keteledoran atau kesengajaan yang dibuat oleh Nakagami dalam kecelakaan tersebut. Karena itulah mereka melihat insiden di Catalunya sebagai sebuah kecelakaan balap.

“Tim Steward MotoGP FIM telah menguji dan menganalisis insiden di Tikungan 1 Circuit de Barcelona-Catalunya dari berbagai sudut. Takaaki Nakagami berhasil merebut beberapa posisi karena akselerasinya seusai lampu start padam,” demikian pernyataan resmi FIM.

“Kami melihat data, ia mengerem pada saat yang sama dengan para pebalap di dekatnya, tanpa mendapatkan keuntungan signifikan dari tindakannya tersebut.”

“Rider bernomor #30 itu lantas kehilangan kontrol bagian depan motor dan terjadilah kecelakaan tersebut. Motor dan pebalap masing-masing menghantam Rins dan Bagnaia.”

“Batasan untuk penalti dalam kecelakaan seperti itu adalah jika seorang pebalap terlalu cepat dibanding lainnya, tanpa peluang yang masuk akal (terlalu memaksakan) untuk mendapatkan posisi lebih baik saat masuk tikungan.”

Artikel Tag: FIM, Takaaki Nakagami, MotoGP 2022, motogp catalunya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dianggap-insiden-balap-fim-tak-hukum-takaaki-nakagami
593  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini