Dekat Gelar Juara Kelima, Mick Dohaan Yakin Marquez Terus Lanjutkan Kejayaannya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 12 Okt 2018, 23:14 WIB
Dekat Gelar Juara Kelima, Mick Dohaan Yakin Marquez Terus Lanjutkan Kejayaannya

Marc Marquez bersama sang legenda MotoGP, Mick Dohaan

Berita MotoGP: Marc Marquez semakin dekat dengan gelar juara dunia MotoGP kelimanya sekaligus akan menyamai rekor Mick Doohan. Pujian dilontorkan sang legenda kepada penerusnya di Repsol Honda.

Melakoni debut di kelas tertinggi 500cc pada musim 1989, Doohan menjadi superstar pada ajang Grand Prix dengan meraih lima gelar beruntun pada tahun 1994 hingga 1998, sebelum akhirnya cedera membuatnya pensiun setahun kemudian.

Doohan yang hanya membela Honda sepanjang perjalanan kariernya di kelas premier mengoleksi 54 kemenangan sejak GP Hongaria 1990 hingga terakhir di Argentina 1998. Raihan tersebut masih unggul 12 dari Marquez, yang kembali meraih kemenangan di ronde sebelumnya pada MotoGP Thailand.

Kemenangan The Baby Alien di Thailand membuatnya semakin dekat dengan gelar juara MotoGP 2018, satu kemenangan lagi di Motegi akan membuatnya keluar sebagai juara, sekaligus menyamai rekor Doohan sebagai pebalap tersukses Honda.

Rekornya hampir disamai oleh Marquez, Dohaan justru melontarkan pujian pada pebalap Honda tersebut. Ia bahkan yakin rekornya bakal dipatahkan oleh pebalap yang kini masih berusia 25 tahun itu.

 “Ini sesuatu yang luar biasa, terutama karena ia memiliki talenta hebat. Dan ketika Anda sangat konsisten dalam memenangi balapan, meraih pole, serta memenangi kejuaraan, saya tak yakin ia akan berhenti. Ini akan berlanjut,” ujar Dohaan saat diwawancara Movistar TV.

“Marc masih 25 tahun, jadi jika ia ingin dan ia melihat Rossi, yang telah berusia 39 tahun [dan masih aktif membalap], jalannya masih panjang. Anda tidak pernah tahu, namun Anda masih bisa balapan dan kompetitif untuk 10 tahun ke depan.”

Meski Marquez kerap kali dicap sebagai pebalap agresif, Dohaan justru menilai aresivitas The Baby Alien itulah yang diperlukan untuk membuatnya menjadi pebalap yang kompetitif.

 “Sungguh luar biasa ia dapat selalu menunjukkan kemampuannya untuk menang, dan membuktikan bahwa ia adalah pembalap yang sangat konstan dan agresif,” tandasnya.

“Saya tidak berpikir ia seperti yang orang kebanyakan, terkadang memang seperti itu, dan saya rasa perlu untuk berada dalam level tersebut.”

“Marc pantas meraih gelar tahun ini, dan saya yakin ia akan memenangi lebih banyak dari sini,” pungkasnya.

Artikel Tag: MotoGP Thailand, Sirkuit Buriram, MotoGP 2018, Honda, Marc Marquez, motogp jepang

6874